spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiTingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, OJK Gelar Road To Gerak di Ponpes...

Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan, OJK Gelar Road To Gerak di Ponpes Lombok Timur

Selong (Ekbis NTB)- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan Road To GERAK (Gebyar Ramadan Keuangan) Syariah NTB pada hari Jumat, 8 Maret 2024 di Pondok Pesantren Raudhatul Azhar Masbagik Timur.Kegiatan ini sekaligus dalam rangka Tarhib Ramadan tahun 2024.

GERAK Syariah merupakan kampanye nasional keuangan syariah dalam upaya meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah yang pelaksanaannya berkolaborasi dengan Pelaku Usaha Jasa Keuangan Syariah (PUJKS) dan Kementerian/Lembaga terkait.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid, perwakilan OJK NTB hadir langsung dalam pembukaan di lokasi pondok pesantren bersama 280 orang peserta yang terdiri dari pengajar dan santri pondok pesantren.

Kegiatan tersebut dibuka secara virtual oleh Kepala Grup Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Mohammad Ismail Riyadi, dilanjutkan dengan ceramah tarhib Ramadan oleh Ustadz Hilman Fauzi dan webinar edukasi keuangan syariah oleh financial planner Prita Hapsari Ghozie.

Ditampilkan pula Video Detail Informasi Rangkaian Kegiatan Ramadan OJK dan GERAK Syariah, meliputi rangkaian kegiatan edukasi keuangan syariah dan Kompetisi Keuangan Syariah di bulan Ramadan (KURMA).

Dalam sambutannya, Pengurus Pondok Ustadz Iswadi mengapresiasi langkah OJK NTB untuk mendorong peningkatan indeks literasi keuangan syariah melalui kegiatan Road to GERAK Syariah, dimana pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2022 indeks literasi keuangan syariah sebesar 9,14% dibawah komposit indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68%.

Selanjutnya, rangkaian kegiatan diharapkan mampu mengoptimalkan momentum bulan suci Ramadan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah (LIKS), meningkatkan awareness dan pemahaman masyarakat terkait produk dan layanan keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhan, mengoptimalkan kolaborasi OJK, PUJK Syariah, K/L terkait, dan berbagai pihak dalam rangka dukungan aliansi strategis kegiatan LIKS, dan meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan syariah.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan

spot_img

Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini