spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiWarga Gili Meno Semakin Kesulitan Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Warga Gili Meno Semakin Kesulitan Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Mataram (ekbisntb.com)-Kepala Dusun Gili Meno Desa Gili Indah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, Masrun menuturkan kondisi masyarakatnya saat ini yang semakin kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Kondisi ini di perparah dengan belum adanya kejelasan solusi dari pemerintah dalam mengatasi masalah ini.
“Kondisi kami sudah semakin sulit, kami butuh solusi jelas,” katanya di Rabu (19/6/2024).
Menurut Masrun, warga tidak ingin dikaitkan dengan persoalan hukum yang terjadi saat ini. Terpenting mereka bisa segera kembali seperti dulu menikmati air bersih dengan harga terjangkau.

Warga gili meno saat ini hanya mengandalkan air bersih dari daratan. Namun, harga air pergalon akan mulai terjadi kenaikan seiring dengan meningkatnya permintaan. Harga saat ini sebesar Rp10 ribu pergalon.

“Saya aja habis 5 galon sehari, udah berapa uang yang kami keluarkan,” ujarnya.
Selain kebutuhan rumah tangga kata Masrun, kebutuhan untuk mobilitas wisatawan juga memperihatinkan. Banyak wisatawan sudah mengeluhkan kondisi ini. Apalagi, bulan – bulan ini kunjungan ke Gili Meno tengah tinggi-tingginya.

“Warga juga mulai kehilangan ternaknya, banyak sapi mati karena kekurangan air,” katanya.
Disinggung mengenai upaya pemerintah menghadirkan PT TCN sebagai perusahaan penyedia air bersih di gili terawangan saat ini, Masrun mengatakan masih ditolak oleh warga. Hal ini disebabkan karena dugaan kasus kerusakan lingkungan yang terjadi di Gili Meno. Kondisi itu tidak diinginkan warga juga terjadi di Gili Meno.

Belum lagi harga air bersih yang ditawarkan perusahaan tersebut diketahui cukup tinggi yakni Rp30 ribu perkubik. Jauh lebih mahal dari harga yang diberikan PT PAL yang bekerjasama dengan PT GNE sebesar Rp18 ribu perkubik.

“Saya lihat warga ada penolakan kalau TCN masuk, mahal pak kalau 30 ribu seperti di gili terawangan itu,” katanya.

Melihat fakta itu, Masrun berharap pemerintah mengambil langkah bijak agar permasalah air bersih di gili meno segera teratasi. Pasalnya, banyak dampak dari persoalan ini, terutama masalah kemanusiaan.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan

spot_img

Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini