spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaSate Rembiga Puncaki 10 Top Produk Best Seller NTB Mall

Sate Rembiga Puncaki 10 Top Produk Best Seller NTB Mall

Mataram (Ekbis NTB) – Sate rembiga, salah satu kuliner legendaris di Lombok, Provinsi NTB menjadi produk paling laku nomor satu di NTB Mall.

Berdasarkan catatan penjualan NTB Mall, pada tahun 2023 dan 2024 inii, berturut-turut sate rembiga menjadi produk paling puncak penjualannya di NTB Mall.

Jika dilihat top 10 produk best seller di NTB Mall tahun 2023 lalu, pertama adalah Sate Rembiga. Menyusul Ayam Taliwang, UD.Tapir, Bob Marlin, Pelecing Maknyus Ayam Rarang, Sambal Cengeh, Becabero Ayam Kotak, UD. Rinjani Lombok Robusta, Balad Coffe Kopi Sembalun, dan di urutan 10 ada Bale Annas Stick Sukun.

Pada tahun 2024 ini, selain Sate Rembiga, dibawahnya masih bertahan Ayam Taliwang. Menyusul Lista Pelecing Kangkung, Dapur Kinanty Brochizz, Bob Marlin Sate Pusut, Bale Annas Stick Sukun, La Bone, Charity Food Jelly Stick, Merpati Lombok, dan Sasak Maiq Stick RL Ori.

Sate Rembiga adalah makan khas dari Pulau Lombok yang sangat mencuri perhatian. Sate rembiga merupakan sate sapi yang bercita rasa pedas manis khas Lombok, sedangkan kata Rembiga menunjukkan nama tempat sate ini dibuat, yaitu di Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram.

Kunci kelezatan Sate Rembiga terletak pada proses marinasi. Potongan daging sapi dimarinasi selama sekitar dua jam dengan campuran garam, lada, dan kadang-kadang nanas. Nanas memberikan rasa unik, tetapi daging harus segera dimasak untuk mencegah kerusakan.

Bumbu dasar Sate Rembiga mirip dengan sate lainnya—cabai. Namun, marinasi melibatkan asam jawa, gula merah, dan campuran rempah seperti ketumbar dan kemiri menjadi kombinasi yang menciptakan profil rasa yang membedakan Sate Rembiga. Setiap gigitan terasa gurih dan kaya rempah. Keberanian rasa pedasnya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Sate Rembiga gaya Lombok asli memiliki tingkat kepedasan yang tinggi. Tambahan cabai rawit semakin meningkatkan tingkat kepedasannya. Karenanya, tak heran saat menikmati hidangan sate rembiga, keringat akan mengucur. Sate Rembiga nikmat disantap bersama lontong atau ketupat. Kombinasi sate sapi yang lezat, lontong yang harum, dan kuah yang gurih menciptakan pengalaman kuliner yang akan membekas.

Di NTB Mall, Sate Rembiga sudah dijual dalam bentuk kemasan. Dan dapat bertahan hingga enam bulan. Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Baiq. Nelly Yuniarti mengatakan, jika ada UKM yang menanyakan mengapa Sate Rembiga selalu menjadi top best seller di NTB Mall, menurutnya, UKM lain harus belajar.

“Selera pasar tidak bisa diintervensi. UKM lain ya harus belajar, bagaimana supaya bisa seperti Sate Rembiga. Ini menjadi persaingan positif untuk mendorong UKM, terutama produk kuliner untuk naik kelas,” ujarnya, Rabu 3 April 2024.

Pengelola NTB Mall, Kepala UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Daerah (BP3UD), Lalu Afghan Muharor, ST., M.Ak mengatakan, data top 10 produk best seller menunjukkan harapan agar produk best seller ada perkembangan setiap bulannya.

“Artinya muncul produk produk baru yang mampu mengejar produk produk best seller lainnya. Ada diversifikasi produk untuk produk produk yang dipromosikan NTB Mall tentunya, sembari mendorong UKM dapat memunculkan kreatifitas kreatifitas baru dalam produknya dengan kualitas berdaya saing,” ujarnya.

Perkembangan NTB Mall saat ini diharapkan tidak hanya sebagai media promosi dan pemsaran, namun juga mampu sebagai wadah edukasi bagi UKM. Karena memang, harapan pemerintah daerah sesuai tagline adalah mampu menciptakan UMKM Naik Kelas.

Peningkatan UMKM yang mampu kami promosi dan pasarkan menurutnya menjadi harapan bersama tentunya dengan tetap mengedepankan empat kaidah. Legalitas, Kemasan, Kualitas, dan Kontinyuitas.

Saat ini, gerai NTB Mall tersebar di NTB Mall Islamic Center, Bandara Internasional Lombok, Wisma NTB Jakarta, Strand Mall Malaysia, dan Deks Ciputra World Mall Surabaya. Tahun 2023 jumlah UKM NTB Mall secara online sebanyak 4.200 UKM, tahun 2024 menjadi 4.617 UKM. Untuk offline, tahuun 2023 sebanyak 218 UKM, tahun 2024 naik menjadi 241 UKM. Sementara sebaran omzet UKM pada Januari 2024 kepada 214 UKM, Februari 219 UKM, dan Maret omzet tersebar ke 224 UKM.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan

spot_img

Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini