spot_img
26.5 C
Mataram
Beranda blog

Promo Umrah Marak, Masyarakat Teliti Pilih Travel

0
Moh. Akri (Ekbis NTB/ist)

DI bulan Ramadhan ini merupakan momentum yang sangat baik untuk melaksanakan ibadah umrah, sehingga hampir seluruh travel menawarkan jasa keberangkatan di Ramadhan ini, bahkan paket berlebaran di Tanah Suci.

Anggota DPRD NTB Moh. Akri mengatakan, sebagai kewaspadaan dini, pihak Kementerian Agama (Kemenag) juga harus melihat dan mewaspadai travel umrah yang menjanjikan promo menarik kepada jemaah.

Menurutnya sudah ada beberapa kasus kegagalan berangkat jemaah umrah di tahun-tahun sebelumnya, sehingga para jemaah banyak yang terlantar di Jakarta karena tak bisa diberangkatkan. Seperti misalnya di April 2023 lalu, hampir 100 jemaah umrah dari Lombok Tengah gagal diberangkatkan setelah sudah sampai di Jakarta. Ini bisa menjadi pelajaran agar tak terulang lagi kasus serupa.

“Travel-travel besar ini membuat promo dan lainnya agar masyarakat tertarik. Karena itu kita sebagai pemerintah Cq Kementerian Agama dan pemda harus memperhatikan, karena masyarakat kita yang berangkat ini,” kata Moh. Akri kepada Ekbis NTB akhir pekan kemarin.

Ia mengatakan, selain pemerintah, peran lembaga legislatif, baik DPR RI, DPRD Provinsi dan kabupaten/Kota sebaiknya lebih ditingkatkan. Sebab anggota DPR sebagai refresentasi dari masyarakat harus melakukan pengawalan terhadap kepentingan publik agar tak muncul kerugian di masyarakat.

“Harus lebih waspada menurut saya. Tindakan preventifnya agar lebih diutamakan agar jangan terjadi lagi kasus seperti tahun kemarin. Kami di DPRD juga akan mengawasi hal-hal seperti itu,” ujarnya.

Politisi PPP ini mengaku melihat ada sejumlah travel umrah yang menawarkan biaya umrah dengan ongkos yang minim atau di bawah rata-rata travel lain. Kabar yang didengarnya, penginapan jemaah akan cukup jauh dari Masjidil Haram, sehingga harga menjadi lebih rendah.

Namun terlepas dari hal itu, setiap jemaah yang akan berangkat umrah harus lebih teliti dan waspada. Pastikan travel umrah tersebut sudah memiliki pengalaman dan tercatat memiliki izin resmi dari pemerintah.

“Pengawasan dan izin-izin harus disikapi dan dikontrol. Banyak juga perusahaan travel yang besar, namun karena persoalan teknis di lapangan, itu kadang yang bikin dia gagal,” katanya.

Namun jika ada travel yang memang memiliki niat menipu jemaah, maka harus diberikan sanksi oleh pemerintah dan pihak kepolisian harus memproses secara pidana karena merugikan masyarakat.(ris)

Permintaan Umrah Meningkat 40 Persen

0
FOTO BERSAMA - Jemaah umrah PT. Mudahan Tilah Tour foto bersama. (Ekbis NTB/ist)

ANTUSIASME masyarakat melaksanakan ibadah Umrah pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 cukup tinggi. Data di PT. Mudahan Tilah Tour, animo masyarakat  yang akan berumrah sebesar 40 persen dibandingkan bulan selain Ramadhan. Tidak jarang banyak jemaah yang masuk dalam kategori mampu dua kali melaksanakan umrah di bulan Ramadhan yang sama.

Hal ini mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kementerian Haji dan Umrah. Kementerian Haji dan Umrah sebagaimana dilansir dari Saudi Gazette, Minggu (17 Maret 2024) lalu  telah mengumumkan, bahwa jemaah tidak diperbolehkan untuk mengulang ibadah umrah selama bulan suci Ramadhan 2024 ini.

Peraturan ini dibuat dengan tujuan mengurangi kepadatan jemaah yang ingin melaksanakan ibadah . selama bulan Ramadhan, yang merupakan puncak musim umrah tahun ini. Pihak kementerian menegaskan, izin melakukan dua atau lebih ibadah umrah tidak akan dikeluarkan selama bulan suci.

Langkah ini untuk mengurangi kepadatan dan memberikan kesempatan kepada semua jemaah untuk melakukan umrah dengan mudah dan nyaman selama bulan suci. Di bawah sistem aplikasi Nusuk, jika seorang jemaah ingin mengajukan izin untuk umrah untuk kedua kalinya selama bulan Ramadhan, sebuah pesan “Penerbitan izin gagal” akan muncul.

Kementerian Haji dan Umrah menekankan pentingnya mendapatkan izin yang dikeluarkan dari aplikasi Nusuk untuk melakukan umrah oleh para jemaah. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menggarisbawahi pentingnya kepatuhan mereka terhadap slot waktu yang dialokasikan untuk melakukan ritual. Tidak ada pilihan pada aplikasi Nusuk untuk mengubah waktu pengajuan umrah, tetapi jemaah dapat menghapus pengajuan mereka melalui aplikasi jauh sebelum waktunya tiba.

Meski demikian yang paling penting di sini adalah jemaah lebih waspada, bila mendapatkan tawaran paket umrah dengan biaya rendah. Ukuran biaya rendah ini menurut Direktur PT Mudahan Tilah Tour Wiwik Apriani, kisaran Rp30 juta ke bawah. Saat bulan Ramadhan, akan terjadi kenaikan harga paket berumrah. Mengikuti kenaikan sejumlah komponen jasa dan pelayanan yang ada di Arab Saudi.

“Saat Ramadhan, harga paket umrah itu naik. Variatif, tergantung travelnya. Bisa dari Rp32an juta, sampai Rp40-an juta. Kalau ada yang menawarkan di bawah Rp30 juta, sudah mesti hati-hati itu,” ujarnya mengingatkan.

Menurutnya, saat Ramadhan, harga paling rendah yang ditawarkan oleh travel di kisaran Rp32 juta. Itupun menurutnya kategori umrah backpacker, atau jemaah umrah yang tidak mendapatkan pelayanan hotel berbintang. Tempat menginapnya jauh dan harus menggunakan kendaraan bila ke Masjidil Haram.

“Paket-paket murah itu ada, itu paket backpacker. Tapi kalau sudah tawaran biayanya murah, hati-hati itu,” imbuhnya.

Wiwik menambahkan, travelnya, PT Mudahan Tilah Tour juga mendapatkan berkah Ramadhan. Permintaan jemaah untuk umrah melaui travelnya meningkat dari waktu-waktu biasanya di luar bulan Ramadhan.

Disebutnya, kenaikan permintaan umrah ini sampai 40 persen. Tingginya animo berumah saat Ramadhan dipengaruhi oleh niat untuk mendapat pahala berlipatganda di bulan spesial setahun sekali ini. “Banyak orang penasaran ingin melaksanakan puasa, bahkan lebaran di tanah suci. Dan itu terjadi bagi seluruh umat Muslim dunia. Sehingga permintaannya naik,” ujarnya. (bul)

Kejar Malam Lailatul Qadar di Tanah Suci

0
Widia Hikmawati (Ekbis NTB/era)

ANIMO umat Islam melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan meningkat. Tingginya minat masyarakat NTB menunaikan ibadah umrah ini harus dibarengi dengan antisipasi terkait adanya biro umrah diduga palsu yang memanfaatkan momentum umrah Ramadhan.

Salah seorang jemaah umrah yang akan berangkat pada tanggal 30 Maret sampai dengan 16 April 2024, Widia Hikmawati mengaku adanya permintaan tinggi jemaah umrah di bulan Ramadhan ini merupakan sesuatu yang wajar.

“Terutama di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, karena orang-orang mengajar malam Lailatul Qadar di sana. Wajar tinggi karena banyak peminat karena salah satu alasannya orang juga mengejar pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan” katanya Jumat, 22 Maret 2024.

Terkait dengan adanya kasus biro umrah palsu atau biro umrah nakal yang memanfaatkan momentum puasa dengan menaikkan harga tiket umrah, Wiwik sapaan akrabnya mengatakan bahwa sebelum memilih travel umrah, dirinya  melakukan riset terlebih dahulu.

“Awal mau daftar tanya, kita tanya orang-orang dulu yang pernah pakai travel ini. Ustadznya siapa, pelayanannya bagaimana selama perjalanan. Di samping itu juga yang harus ditanyakan jarak hotel dengan masjid pas di sana,” ucapnya.

Ia juga mengaku bahwa di bulan Ramadhan ini, ada perbedaan biaya keberangkatan umrah, di bulan biasa biaya umrah paling mentok di angka Rp35.000.000, namun di bulan puasa ini biaya umrah bisa di atas Rp40.000.000.

Pada perjalanan umrah kali ini, Wiwik mengaku bahwa dirinya menggunakan Travel Umrah Mudahan Tilah dan mengambil paket hemat dengan membayar sebesar Rp36.000.000.

Kemudian, terkait dengan pelayanan, ia mengatakan bahwa pelayanan di bulan Ramadhan tergantung dengan travel umrah masing-masing. ‘’Apakah ada perbedaan, tentu ada perbedaan dari bulan biasa, apalagi di bulan ini permintaan dan keberangkatan umrah sangat tinggi. Kalau pelayanan kembali ke travel masing-masing soal pelayanan.’’

‘’Cuma orang yang umrah di bulan biasa tidak seramai seperti di bulan Ramadhan. Dan biayanya biasanya di bawah Rp35 juta, tapi kalau umrah Ramadhan biasanya di atas Rp37 atau atas Rp40 juta tergantung paket yang diambil,” ujarnya. (era)

Minat Umrah Tinggi, Waspadai Travel Tawarkan Biaya Murah

0
LAYANI - Sekretaris Patuh Provinsi NTB, H. Zamroni melayani calon jemaah umrah di travelnya, Amantubillah di Lingkar Selatan, Kota Mataram pekan kemarin. (Ekbis NTB/bul)

Animo umat Islam melaksanakan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekah, Arab Saudi sangat tinggi, terutama saat bulan Ramadhan. Banyak yang bermimpi untuk menunaikan ibadah umrah di bulan penuh kemuliaan ini. Hal ini juga berpengaruh terhadap biro travel haji dan umrah menawarkan paket umrah dengan biaya terjangkau. Namun, masyarakat juga harus waspada tawaran paket umrah agar terhindar dari penipuan, sehingga gagal melaksanakan ibadah umrah.

DATA Asosiasi Travel Umrah dan Haji NTB menunjukkan trend animo berumrah saat Ramadhan naik di atas 50 persen. Kenaikan animo ini dibarengi dengan kenaikan biaya umrah di bulan suci. Hal ini sejalan dengan hukum pasar, semakin banyak permintaan, maka harganya semakin mahal.

Di tengah kenaikan biaya umrah ini, banyak biro perjalanan umrah dan haji yang menawarkan paket dengan biaya beragam. Ada yang menawarkan diskon sekian persen dan menawarkan bisa menginap dekat dengan Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Belum lagi dengan paket ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Arab Saudi yang menjadi saksi penyebaran dan perkembangan agama.

Sekretaris Persatuan Travel Umrah dan Haji (Patuh) Provinsi NTB, Zamroni mengatakan, jika dibanding bulan – bulan biasa,  peningkatan animo umrah pada bulan puasa 1445H/2024 ini masih lebih tinggi dari animo umrah saat puasa tahun 2023 lalu.

“Karena tahun lalu agak dilonggarkan setelah masa pandemi Covid-19. Mekah tidak ditutup oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” ujar Zamroni pekan kemarin. Owner PT. Amantubillah Travel Haji dan Umrah ini mengatakan, peningkatan minat berumrah ini dipengaruhi beberapa hal. Di antaranya, selain mengejar bulan mulia, kegiatan ibadah di tanah suci pada bulan Ramadhan sangat padat. Seluruh umat Muslim di dunia ingin mengejar momentum ini untuk mengejar pahala ibadah sebanyak-banyaknya.

Pada bagian lain, ujarnya, tingginya animo umat Muslim berumrah saat puasa ini juga diikuti kenaikan biaya-biaya perjalanan melaksanakan ibadah umrah. Biaya-biaya ini naik umumnya karena kenaikan biaya yang berlaku di Arab Saudi.

Kenaikan biaya ini dipengaruhi oleh momentum yang terdiri dari, 10 hari awal Ramadhan, 10 hari pertengahan Ramadhan, dan 10 hari akhir Ramadhan.

“Dan kenaikan biaya umrah paling tinggi di 10 hari terakhir Ramadhan. Karena selain ada malam spesial lailatul qadar, jemaah juga mengejar Hari Raya Idul Fitri di tanah suci. Umat Muslim se dunia ingin mengejar kesempatan ini .karena umrah saat puasa sama halnya melaksanakan ibadah haji,”  imbuhnya.

Zamroni mengatakan, jika pada bulan-bulan biasa, biaya umrah di angka Rp30an juta. Saat Ramadhan mengalami kenaikan hingga Rp50 juta. Kenaikan biaya umrah ini, terutama karena kenaikan tarif hotel sebagai komponen terbesar. Termasuk biaya-biaya pendukung lainnya.

“Saat haji, visa yang diterbitkan Rp3 juta, saat umrah Ramadhan visa yang diterbitkan Pemerintah Arab Saudi menjadi Rp6 juta. Sehingga sangat wajar komponen biaya umrah berdampak secara bisnis di Arab Saudi,” tambahnya.

Zamroni lebih jauh mengemukakan, di tengah tingginya animo berumrah saat Ramadhan ini, calon jemaah juga mesti berhati-hati memilih travel umrah. Agar niat beribadahnya di tanah suci di bulan suci dapat dilaksanakan.

Beberapa hal yang penting diperhatikkan oleh calon jemaah di antaranya. Pastikan legalitas travel umrahnya dengan 5 pasti. Pastikan travel umrahnya resmi. Pastikan jadwal pemberangkatannya. Pastikan jadwal terbangnya. Pastikan hotel tempat menginapnya. Dan pastikan visanya diterbitkan.

“Jangan tergiur ongkos murah. Kalau bulan Ramadhan ada travel yang menawarkan ongkos di bawah Rp35 juta, hati-hati saja,” ujarnya.

Calon jemaah juga dapat melakukan pengecekan travel umrah tersebut diaplikasi Umrah Cerdas yang dapat diunduh di play store. “Di aplikasi tinggal masukkan nama travelnya, kalau travel umrah resmi akan muncul nama perusahannya,”  demikian Zamroni. (bul)

NTB Incar Pasar Ekspor Kambing ke Arab Saudi

0
Muhammad Riadi (Ekbis NTB/dok)

Mataram (Ekbis NTB) – Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB tengah mengincar pasar ekspor untuk hewan ternak kambing di NTB ke Timur Tengah. Khususnya Arab Saudi. Pemprov NTB tengah mengkomunikasikan untuk menggarap peluang ini. Mengingat, NTB memiliki potensi ternak cukup untuk dikembangkan.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Nakeswan Provinsi NTB, Muhammad Riadi. Kesempatannya umrah bersama Pj. Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si baru-baru ini digunakan juga untuk membangun komunikasi dengan mantan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi. Dalam komunikasi awal namun dalam pembahasan tersebut Arab Saudi ingin memasok daging kambing kurban ke NTB.

Dalam pertemuan tersebut, pembahasan awalanya adalah keinginan untuk memasok daging kambing kurban ke Indonesia, ke NTB. Kendati demikian, sesuai dengan regulasi yang ada dan diakui untuk kendalanya mendatangkan daging kambing kurban dari Arab Saudi masalahkan ada di kesehatan hewannya. Namun rencana memasukkan daging kurban ke Indonesia ini aturannya harus berdasarkan persetujuan negara terlebih dahulu.

Apalagi kambing di Arab Saudi dikhawatirkan membawa penyakit hewan, dan menular ke ternak kambing yang sudah eksis di NTB. “Sebenarnya dari 2017 keinginan Arab Saudi membawa ke Indonesia, tetapi sama kementrian pertanian tidak pernah dikasi, karena belum bebas penyakit. Pernah ada yang nekad membawa beberapa container, tapi dimusnahkan di sini, tidak bisa didistribusikan ke masyarakat,” ungkapnya.

 Ditambahkan, rencana pengiriman hewan kurban dari Arab Saudi diberikan secara gratis kepada seluruh masyarakat dunia. Hanya saja karena kendala penyakit hewan sehingga tidak bisa diterima. “Karena dikhawatirkan membawa mudharat lebih besar, kemungkinan tidak bisa,” katanya.

Yang paling memungkinkan adalah, mengekspor kambing ke Arab Saudi karena kambing di NTB sudah dipastikan bebas penyakit. “Yang berpeluang itu kita membawa kambing kesana, karena daerah kita dari segi kesehatan hewan internasionalnya tidak ada masalah kita. Mudah-mudahanlah ada tindak lanjutnya pembahasan kita soal ini,” ujarnya.

Untuk memenuhi permintaan atau pasokan kambing ke Arab Saudi ini, lanjut kepala dinas, nantinya akan dibangun kesepakatan antara keduanya. Terlebih dahulu harus dipastikan pengusaha di Arab Saudi yang bersedia bekerjasama. Dan dipastikan jumlah kebutuhannya.

Sementara itu, Disnakeswan NTB memastikan potensi kambing di tengah masyarakat cukup besar. pun untuk pengembangannya tinggal mendorong masyarakat. Apalagi kambing adalah salah satu hewan ternak yang perkembangannya cukup cepat. (bul)

Jerman Kembali Buka Peluang Kerja untuk Tenaga Perawat

0
Pelepasan tenaga migrant Indonesia G to G Korea Selatan dan Jerman (Suara NTB/ist)

Mataram (Ekbis NTB) – Jerman membuka kembali rekrutmen untuk pekerja perawat asal Indonesia.

Dibutuhkan ratusan perawat dalam rekrutmen batch V tahun 2024 ini. Kepala BP3MI, Noerman Adhiguna di Mataram, Kamis 7 Maret 2024 kemarin menyampaikan, rekrutmen dan penempatan calon kandidat pekerja migran Indonesia (PMI) perawat melalui skema government to government (G to G) ke Jerman.

Tenaga perawat Indonesia yang dibutuhkan mencakup berbagai bidang, termasuk Unit Perawatan Intensif, Perawatan Geriatri, Panti Asuhan, Perawatan Lansia, Bangsal Umum, Bangsal Medis, Ruang Operasi, Neurologi, Ortopedi, Psikiatri, Bangsal Anak, dan Neonatal. “Pembukaan serta pendaftaran rekrutmen tenaga perawat Indonesia telah dibuka. Pendaftaran mulai tanggal 7 Februari sampai dengan 30 April 2024,” katanya.

Rekrutmen ini, kara Noerman, adalah peluang bagi tenaga-tenaga lulusan perawat yang ingin bekerja di luar negeri. Beberapa persyaratan yang harus diketahui dan dipenuhi diantaranya, WNI, berusia minimal 18 tahun sata mendaftar. Lulusan dari Lembaga Pendidikan Keperawatan yang terakreditasi dengan memegang gelar Pendidikan D3 Keperawatan atau D4 Keperawatan atau S1 Keperawatan.

Memiliki sertifikat Registrasi Perawat atau STR (Surat Tanda Registrasi) dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang masih berlaku per 9 Juni 2022. Pelamar juga harus memiliki kemampuan Bahasa Jerman, atau bersedia mengikuti pelatihan Bahasa Jerman di dalam negeri.

Gaji perawat di Jerman bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk pengalaman, lokasi penempatan.  Program kerja perawat di Jerman menawarkan gaji yang menarik. Sebagai perawat profesional, dapat menghasilkan antara Rp30 juta hingga Rp50 juta (2000 hingga 3200 Euro) per bulan.

Keuntungan lainnya, selain gaji, perawat yang bekerja di Jerman juga mendapatkan berbagai tunjangan, seperti asuransi kesehatan, asuransi masa tua, bonus tahunan, tiket kedatangan dari Indonesia ke Jerman, serta akomodasi. “Bagi yang berminat, bisa langsung mengakses website BP2MI https ://siskop2mi.bp2mi.go.id/ atau bisa langsung datang ke kantor BP3MI Mataram untuk lebih jelasnya,” katanya.

Program bekerja di Jerman ini sudah banyak memberangkatkan perawat-perawat kompeten dari NTB. Sebagai program antar pemerintah, bekerja sebagai perawat di Jerman ditanggung biayanya. Kecuali, biaya dokumen persyaratan, tes psikologi, BPJS PMI, biaya akomodasi dan pelatihan Bahasa Jerman jika dilakukan secara langsung, dan transportasi dari daerah asal ke Jakarta, ditanggung sendiri. (bul)

Keunggulan Beli Rumah di Perumahan Pesona Dompu Kabupaten Dompu Type 36/150 (Subsidi) dengan Luas Bangunan 36 meter persegi dan Luas Tanah 1,5 are Harga Rp185 juta Dicicil Rp1,3 juta per bulan

0

Perumahan Pesona Dompu memiliki luas 41 hektar berupa kawasan hijau asri dan dikelilingi perbukitan hijau dan segar sepanjang tahun. Tersedia Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum berupa jalan dan ruang terbuka hijau dengan luas 40% sampai 60% dari luas terbangun. Berlokasi sangat strategis di jalan Lintas Mbawi, Kelurahan Kandai I, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu – NTB dan berjarak 600m dari RSUD Dompu, berjarak 850m dari Pasar Dompu, berjarak 950m dari SMAN 1 Dompu, berjarak 1000m dari Kantor Bupati Dompu

Ir. Indra Gunawan sebagai Project Manager Perumahan Pesona Dompu menerangkan bahwa PT. Pesona Dompu Mandiri sebagai pengembang Perumahan Pesona Dompu berkomitmen untuk menyediakan fasilitas infrastruktur dan bangunan rumah yang berkualitas tinggi untuk memastikan kehidupan yang lebih berkualitas bagi penghuni dan peningkatan nilai investasi rumah bagi pemilik di Perumahan Pesona Dompu.

Infrastruktur berupa jalan masuk utama selebar 12 meter dan jalan lingkungan selebar 6 meter dilapis dengan paving-block kualitas K400. Penyediaan listrik oleh PLN dan air bersih dari sumur bor sedalam 120 meter yang sangat bersih dan layak diminum.
Pembangunan dan Pemasaran Tahap Pertama di bulan Pebruari 2024 ini untuk cluster rumah type 36/150 (Subsidi) yaitu bangunan luas 36 meter persegi dan tanah seluas 150 meter persegi / 1,5 are sebanyak 55 unit rumah yang setiap unit rumahnya terdiri 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, carport, taman yang luas dan dibangun dengan bahan-bahan bangunan berkualitas KW-1.

Kedepannya, Perumahan Pesona Dompu menawarkan kavling rumah dan tanah (Subsidi) type 36/100 sebanyak 300 unit dan kavling tanah siap bangun (Komersil) luas 150m2 dan 200m2 sebanyak 200 unit yang kesemuanya dibangun dikelilingi oleh ruang terbuka hijau atau taman yang luas berikut pedestriannya. (r/*)

Segera miliki sekarang juga rumah hunian premium harga minimum di Perumahan Pesona Dompu. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.pesonadompu.com ; IG: @Perumahanpesonadompu

Disnakertrans NTB Tegaskan Pengiriman PMI ke Malaysia Tetap Jalan

0
I Gede Putu Aryadi (Suara NTB/ist)

Mataram (Ekbis NTB)- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB menegaskan bahwa pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) tujuan Malaysia tetap berjalan dengan lancar sesuai dengan job order dari perusahaan setempat.

Kepala Disnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi MH mengatakan, pengiriman PMI ke Malaysia dilakukan melalui kesepakatan kedua negara melalui konsep One Channel System atau sistem satu kanal.

“Kemarin itu tetap jalan. Kan kita menunggu job order dan izin rekrut, itu saja,” kata I Gede Putu Aryadi kepada Suara NTB, Kamis (7/3/2024).

Ia mengatakan, ada banyak perusahaan di Malaysia yang mencari tenaga kerja ke Indonesia, termasuk NTB dengan menyediakan lapangan kerja yang beragam. Tak hanya di bidang perkebunan, namun juga di sektor konstruksi, peternakan, domestik dan lainnya.

“Kemarin itu kan sekian puluh ribu (pengiriman-red). Masing-masing perusahaan punya job order. Agency Malaysia bekerjasama dengan perusahaan di sini. Misalnya Sime Darby minta puluhan ribu PMI, dia akan kerjasama dengan P3MI,” katanya.

Selain ke Malaysia, PMI juga dikirim ke puluhan negara di dunia dengan tawaran gaji yang sangat bagus. Karena pekerja asal Indonesia yang memiliki skill banyak dikirim ke Korea, ke Jepang untuk magang dan lainnya. Dampaknya angka remitansi dari negara-negara penempatan tersebut cukup mendominasi.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati) NTB, H. Muhammadon menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia diberikan kesempatan hingga Bulan Mei 2024 ini untuk memberangkatkan sisa kuota PMI yang diperbolehkan masuk ke Malaysia.

“Sejak bulan Maret tahun 2023 lalu, Pemerintah Malaysia sudah mengeluarkan kebijakan tidak lagi menerima pekerja Indonesia untuk pekerja ladang, bangunan, pabrik, khususnya di negara bagian Malaysia Barat. Sampai Mei 2024 ini diperbolehkan mengiriman PMI bagi teman-teman yang masih ada kuoata pengiriman tahun sebelumnya,” katanya.

Selebihnya, menunggu kembali kebijakan pemerintah Malaysia. H. Madon menambahkan, penyetopan sementara penerimaan PMI ini salah satunya dipengaruhi oleh kebijakan Kementerian yang membidangi Ketenagakerjaan di Malaysia yang sudah berkontrak dengan pemerintah negara-negara lain dalam hal penggunaan tenaga kerja luar negeri.

“Dan Malaysia masih kebanjiran pekerja dari Bangladesh, Myanmar, India,” tambahnya. Kebijakan pemerintah negara Malaysia ini menurutnya menjadi beban baru bagi peruusahaan-perusahaan penyalur tenara kerja di Provinsi NTB. Terlebih Malaysia adalah negara tujuan bekerja terbesar masyarakat NTB.(ris)

Kopi Robusta Tambora dan Kangkung Lombok, Sentuhan Rasa Indonesia di Pameran Jenewa

0
KOPI TAMBORA: Kopi Robusta Tambora menjadi salah satu produk Indikasi Geografis (IG) yang dipamerkan pada kegiatan Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa pada tanggal 9 sampai 17 Juli 2024. (ekbisntb.com/ist)

(ekbisntb.com)-KOPI Robusta Tambora menjadi salah satu produk Indikasi Geografis (IG) yang dipamerkan pada kegiatan Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa pada tanggal 9 sampai 17 Juli 2024.

Kopi ini terdaftar sejak 3 Juli 2017 pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Jenis Kopi Robusta ini menjadi salah satu produk andalan dari Kabupaten Dompu, Provinsi NTB.

Kopi robusta ini tidak hanya menawarkan rasa yang menggoda. Tetapi juga aroma yang khas seperti coklat, mentega, dan sedikit kacang. Dikombinasikan dengan nuansa kayu dan aroma kedelai, Kopi Tambora mampu memberikan pengalaman minum kopi yang istimewa bagi para penikmatnya.

Selain itu, dipamerkan juga produk Indikasi Geografis andalan asal Lombok Barat, yaitu Kangkung Lombok. Terdaftar sejak 15 Desember 2011, Kangkung Lombok sangat mudah dikenali dari ukuran pucuk dan daunnya yang tebal.

Selain cita rasa dan teksturnya yang istimewa, Kangkung Lombok juga dikenal kaya akan nutrisi. Sayuran ini mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mencegah anemia.

Mutiara Lombok

Selain Kopi Tambora dan Kangkung Lombok. Indonesia juga memiliki enam IG yang telah teregistrasi. Sebanyak lima dari enam IG terdaftar tersebut, diterbangkan ke Jenewa untuk diperkenalkan kepada dunia melalui pameran Indikasi Geografis (IG) yang diselenggarakan pada Sidang Majelis Umum ke 65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa, Swiss.

Pada kegiatan yang berlangsung 12 Juli 2024 di Kantor World Intellectual Property Organization (WIPO), Indonesia menghadirkan Mutiara Lombok, Garam Amed Bali, Garam Kusamba Bali, Sidat Marmorata Poso, dan Ikan Uceng Temanggung yang merupakan produk IG terdaftar dari sektor kelautan dan perikanan.

Direktur Merek dan IG Kurniaman Telaumbanua mengatakan bahwa partisipasi produk IG pada Sidang Majelis Umum ini merupakan langkah strategis dalam mempromosikan produk-produk unggulan IG ke pasar dunia.

“Di dalam negeri sendiri, berbagai eksibisi terkait IG sudah banyak kita lakukan. Momen ini adalah peluang emas bagi kita untuk memperkenalkan berbagai produk unggulan IG kepada peserta kegiatan yang berasal dari seluruh negara anggota WIPO,” ucap Kurniaman.

Senada dengan Kurniaman, Bajoe sebagai salah satu pengunjung pameran produk IG pada kegiatan tersebut mengapresiasi keberadaan stan yang menampilkan produk-produk IG Indonesia yang berkualitas tinggi.

“Keberadaan stan ini membuka pengetahuan saya terhadap produk IG Indonesia. Selama ini yang saya ketahui hanya produk kopi dan tenun. Ternyata tidak hanya dua hal itu saja, saya jadi tahu bahwa ada produk unggulan seperti Mutiara Lombok yang cantik,” puji Bajoe antusias.

Kehadiran Mutiara Lombok dalam pameran IG yang diselenggarakan pada Sidang Majelis Umum ke 65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) di Jenewa, Swiss itu berkilau.

“Melalui pameran ini memudahkan kami yang berada di Jenewa untuk bisa mendapatkan produk-produk unggulan IG Indonesia,” lanjutnya.

Bajoe sangat yakin, dengan komitmen nyata DJKI dalam hal promosi seperti ini, seluruh produk IG akan dikenal dunia. Menurutnya, promosi yang gencar pasti sejalan dengan peningkatan kuantitas ekspor.

Tentu saja ini semua berkorelasi positif dengan peningkatan pendapatan para anggota Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis (MPIG). (r)

BI NTB-BI Jember dan Pemkab Lotim-Pemkab Jember Bersinergi Mengendalikan Inflasi

0
Acara Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)(ekbisntb.com/bul)

Mataram (ekbisntb.com)-Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dalam menjaga terkendalinya inflasi volatile foods (VF) dan ekspektasi inflasi melalui penguatan dukungan fasilitasi pasar murah, koordinasi penguatan dan perluasan kerja sama antar daerah (KAD), serta penguatan koordinasi dan komunikasi kebijakan pengendalian inflasi.

Karena itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bersinergi menginisiasi KAD antara Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan Pemerintah Kabupaten Jember guna akselerasi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di kedua wilayah.

Kesepakatan bersama ini diharapkan mampu membantu distribusi dan pemasaran pangan, serta sebagai langkah penyelesaian hambatan dan permasalahan dalam rangka perencanaan, pengendalian dan pencapaian sasaran inflasi yang ditetapkan serta mengedepankan upaya stabilitas harga yang bersifat struktural, forward looking, dan berbasis digital untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Berry Arifsyah Harahap menyampaikan bahwa kesepakatan bersama ini diharapkan mampu menjadi akselerator langkah konkret bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan di kedua wilayah tersebut.

Sejalan dengan itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jember, Gunawan juga menjelaskan bahwa tingkat inflasi di wilayah Jember saat ini masih terkendali sehingga menjadi kota IHK dengan inflasi terendah kedua di Provinsi Jawa Timur.

“Namun demikian, penguatan implementasi melalui 7 (tujuh) program unggulan GNPIP yang salah satunya adalah KAD tetap perlu dilakukan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional,” jelas Gunawan.

Pada kesempatan yang sama Pj. Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik menerangkan bahwa karakter wilayah dan demografis Kabupaten Jember dan Kabupaten Lombok Timur memiliki kemiripan sehingga dinyatakan tepat untuk dapat melangsungkan KAD.

“KAD ini adalah bentuk keseriusan Pemda untuk memastikan ketersediaan stok dan menjaga stabilisasi harga pangan di daerah. Kami juga mengundang para pengusaha jember untuk berinvestasi di wilayah Lombok Timur, mengingat saat ini sudah ada ±50% investor di sektor pertanian tembakau yang telah membuka pabriknya di Kabupaten Lombok Timur. Selanjutnya, kami juga turut mengapresiasi BI NTB yang terus berupaya tidak hanya di sisi hilir tapi juga hulu dalam pengendalian inflasi di daerah,” terangnya.

Sejalan dengan itu, Wakil Bupati Jember, Muh. Balya Firjaun Barlaman menyambut baik kesepakatan bersama antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Lombok Timur.

“Kami sangat terbuka untuk bisa menjalin KAD bersama dengan Kabupaten Lombok Timur karena kami memiliki banyak kesamaan, sehingga kedua wilayah bisa saling melengkapi. Tentunya dengan melibatkan BI NTB dan BI Jember. Kami berharap kerja sama ini akan membawa dampak positif seperti meningkatnya pertumbuhan ekonomi di kedua kabupaten dan melegalkan secara budaya juga pemerintahan terutama dengan kerja sama yang akan dilaksanakan. Kami berharap kerja sama ini tidak sebentar, namun akan terus berkesinambungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, objek dalam kesepakatan bersama ini meliputi distribusi dan pemasaran komoditas pangan strategis (Telur Ayam, Beras, Minyak Goreng, Aneka Cabai, Bawang Merah, dan bahan pokok penting lainnya) serta pengembangan potensi daerah dengan ruang lingkup kesepakatan bersama antara lain:

a. membangun kerja sama distribusi dan pemasaran pangan dan pengembangan potensi daerah sejalan dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana;
b. memperkuat sistem yang telah dibangun melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID);
c. memantapkan aksesibilitas pangan sebagai wujud ketahanan pangan masyarakat; dan
d. bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lain yang disepakati para pihak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.(bul)

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Membuka Diklat Pembentukan PRC Pengamanan Hutan di Pulau Sumbawa

0
Kegiatan pembukaan Diklat Pembentukan Pasukan Reaksi Cepat (PRC) Pengamanan Hutan. Rabu, 17 Juli 2024 di Hotel Parahyangan Sumbawa Besar.(ekbisntb.com/ulf)

Mataram (ekbisntb.com) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Mursal, S.P., M.Si. membuka kegiatan Diklat Pembentukan Pasukan Reaksi Cepat (PRC) Pengamanan Hutan Tahun Anggaran 2024, pada Rabu, 17 Juli 2024 di Hotel Parahyangan, Sumbawa Besar.

Kegiatan pelatihan PRC tersebut diikuti oleh personil anggota Polisi Kehutanan yang telah diseleksi dan ditetapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB pada tahap awal dari 10 UPT. Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) se-Pulau Sumbawa.

Dalam pembukaan Diklat tersebut, turut hadir Komandan Kofim 1607/Sumbawa yang diwakili Pasiops Kodim 1607/Sumbawa, Kapten Inf. Amdatulah. Kemudian Wakapolres Sumbawa, Kompol Ricky Yuhanda, S.E., S.I.K., M.M., Wadanyon B Pelopor AKP Agung Budi Laksono, S.I.K. Para Kepala Balai KPH se-Pulau Sumbawa, dan Kepala Seksi Wilayah II dan III Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB, Lalu Padli, SH. Dan Arep, SP., Serta Kepala Seksi Wilayah III Balai Pengamanan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPHLHK) Jawa-Bali- Nusa Tenggara diwakili oleh Polhut-SPORC Sigit Surbhakti, SH.

Dalam kesempatan ini, Mursal menyampaikan bahwa, kegiatan perusakan lingkungan hidup dan kehutanan adalah salah satu kejahatan luar biasa, sehingga membutuhkan penanganan bersama dengan cara yang luar biasa pula.

Perusakan lingkungan yang dimaksud tidak hanya pembakaran liar, termasuk penambangan tanpa izin, ilegal farming, perambahan, pembakaran hutan, pendudukan kawasan hutan secara ilegal, maupun pemburuan dan perdagangan flora dan fauna yang dilindungi.

Sehingga, salah satu langkah untuk mencegah kejahatan tersebut yaitu dengan membentuk Pasukan Reaksi Cepat (PRC) pencegahan dan pemberantasan hutan. Yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum dari TNI, Polri, serta pasukan reguler dari setiap BKPH di wilayah kerja masing-masing, serta dengan UPT. Kementerian LHK yang ada di Pulau Sumbawa, meliputi Taman Nasional Tambora, Taman Nasional Moyo Satonda (MOSAD) dan BKSDA, serta Balai Gakkum Jabalnusra untuk menuntaskan berbagai kasus tindak pidana kehutanan dan lingkungan hidup di wilayah Kabupaten/Kota di Pulau Sumbawa. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang PHKA, Mursal.

Di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat, banyak terjadi perusakan hutan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang mengklaim sebagai bagian dari masyarakat ada setempat. Klaim Hutan Adat yang dilakukan oleh masyarakat tersebut muncul karena adanya aktor intelektual yang terlibat menjadi pengasuh dan pembina dalam melakukan operasi, dan mengambil keuntungan finansial dari masyarakat.

Ia menambahkan, aktor intelektual yang melakukan klaim hutan adat di Kabupaten Sumbawa tengah mengorganisir puluhan kepala keluarga dari luar Wilayah Kabupaten Sumbawa, untuk membabat ratusan hektar hutan di wilayah Kecamatan Empang/Plampang. Akibat yang ditimbulkan dari penggundulan hutan di wilayah tersebut yaitu banjir, yang berdampak bagi masyarakat luas yang bermukim di bagian hilir Daerah aliran sungai.

“Oleh akrena itu, operasi PRC ini hanya untuk kasus-kasus tertentu yang diputuskan setelah melalui analisis dan penilaian komandan regu setempat, sebelum menggerakkan anggota untuk bertindak,” ungkapnya.

Dalam situasi normal, para anggota PRC tetap menjadi bagian integral dari elemen pengamanan hutan di tiap-tiap BKPH dan patuh pada Kepala Balai KPH masing-masing.

“Namun, karena sifat keanggotaannya yang lintas wilayah, maka pengertian rekan-rekan kepala BKPH sangat diperlukan,” jelasnya.

Ia berharap adanya dukungan penuh dari seluruh mitra LHK dari TNI, Polri, KKPH, Taman Nasional maupun masyarakat luas untuk kelancaran tugas anggota PRC yang sudah terbentuk.

Pada kesempatan yang sama, Panitia Penyelenggara, Astan Wirya, SH., MH. menyampaikan bahwa, polisi Kehutanan adalah jabatan fungsional Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan pusat maupun daerah, melaksanakan tugas perlindungan hutan yang oleh kuasa undang-undang diberikan wewenang kepolisian khusus di bidang kehutanan dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, yang berada dalam satu kesatuan komando, sesuai dengan Pasal 1 ayat 15 UU No. 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Ia menambahkan tujuan kegiatan Diklat PRC tersebut yaitu, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Polisi Kehutanan. Yang nantinya polisi kehutanan tersebut mampu menjalankan tugas dan berpedoman pada peraturan hukum yang berlaku. Guna menjaga dan melindungi kawasan Hutan Provinsi NTB dalam jangka panjang. (ulf)

UMKM Berharap Diberikan Lokasi Strategis Saat MotoGP Mandalika 2024

0
Pegiat UMKM Pojok Kopi di NTB Mall, M. Huzaini Areka. (ekbisntb.com/ulf)

Mataram (ekbisntb.com)-Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) siap berpartisipasi dalam perhelatan MotoGP Mandalika yang akan dilaksanakan bulan September mendatang.

Salah satu pegiat UMKM Kopi Rinjani-Tambora (Rinbo), M. Huzaini Areka merasa senang dapat terlibat sebagai pelaku UMKM dari tahun ke tahun. Ia mengungkapkan, dari pengalamannya pada event tahun sebelumnya, stok produk yang ia sediakan ditambah menjadi 20 hingga 30 persen selama event berlangung.

“Tentu semua UMKM itu akan sangat senang dan semangat secara lahir batin, dan pasti suka. Baik dia UMKM level kaki lima, dan lainnya,” ujarnya.

Di sisi lain, ia mengungkapkan keluhannya pada penyelenggaraan MotoGP sebelumnya terkait kendala transportasi dan jam operasional bagi para pelaku UMKM yang dibatasi oleh pihak panitia. Ia berharap hal tersebut dapat menjadi evaluasi pihak terkait untuk memberikan kelonggaran berupa waktu yang fleksibel kepada pelaku UMKM.

Lebih lanjut, Areka mengungkapkan agar para pelaku UMKM yang hadir diberikan klasifikasi, dan kesempatan yang terbuka lebar. Baik dari UMKM Kaki Lima hingga pegiat UMKM pilihan lainnya.

“Supaya ada efek balik dari event ini. Jangan sampai event ini hanya dinikmati oleh kelas atas, tapi juga yang bawah diberikan kesempatan yang sama. Tidak ada ruginya menyenangkan masyarakat.” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, para pelaku UMKM yang nantinya hadir dalam MotoGP agar diberikan area strategis di kawasan Mandalika. Karena berdasarkan pengalamannya pada dua kali event MotoGP selaku pegiat UMKM, jarak tenan UMKM sulit dijangkau oleh penonton.

“Orang yang berjaualan maupun pembeli butuh yang simple. Jalan jauh untuk cari air minum jangan sampai terjadi lagi. Yang paling penting tolong pihak-pihak terkait berikan UMKM tempat yang terjangkau,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap para pelaku UMKM tidak diberikan ruang gerak yang terbatas. Yang mana petugas menertibkan dan memberikan pelayanan humanis dan tidak berlebihan dalam pelaksanaan event Internasional tersebut.

“Saya sangat setuju dengan masalah ketertiban, tapi bagi petugasnya jangan berlebihan. Untuk masalah keamanan memang sangat bagus apalagi untuk sanitasi air,” pungkasnya. (ulf)

MGPA Kembali akan Rekrut Ribuan Volunteer MotoGP Mandalika 2024

0
Ilustrasi marshal MotoGP (ekbisntb.com/detikcom)

Mataram (ekbisntb.com)-Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Mandalika kembali merektrut ribuan volunteer (pekerja sukarelawan) yang akan bertugas dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 yang akan digelar 27-29 Septemer ini.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, pada MotoGP tahun lalu, MGPA melibatkan sebanyak 2.500-3.000 orang volunteer. Untuk MotoGP tahun ini, rencana jumlah yang sama akan dibutuhkan.

“Tahun ini juga sama, sekitar 2.500 sampai 3.000 orang akan direkrut kembali. Selalu MGPA yang melakukan proses pemilihan, pendidikan, karena training khusus kepada semua volunteer. Rekrutmen ada dikita semuanya,” ujarnya, Kamis 18 Juli 2024.

Andhi mengatakan, seluruh volunteer yang dilibatkan sebagaimana dalam penyelenggaraan MotoGP tahun-tahun sebelumnya, melibatkan tenaga-tenaga lokal. Baik tenaga baru, maupun mereka yang tahun-tahun sebelumnya juga dilibatkan.

“Rekrutmennya dalam waktu dekat, karena sedang mendata kebutuhan 2.500-3.000 ini dimana saja. Nanti dibagi kemana saja, ada keamanan, kebersihan, hospitality, marshal, banyak sekali jobdesknya,” jelasnya.

Priandhi menyebutkan selama perekrutan orang lokal, penyelenggara tidak mendapati keluhan. Seluruh volunteer bekerja sangat profesional dalam ajang balap motor kelas dunia ini. bahkan, beberapa diantaranya juga dilibatkan di MotoGP di luar negeri.

“Jadi kami tidak pernah kesulitan mendapatkan volunteer di Mandalika, mereka bekerja selama MotoGP sangat profesional. Sampai digunakan juga di luar,” demikian Andhi.(bul)

Beli Tiket MotoGP di Aplikasi MyPertamina, Banjir Poin dan Bonus Menarik

0
Aplikasi MyPertamina(ekbisntb.com/bul)

Mataram (ekbisntb.com) – Gelaran MotoGP kembali hadir tahun ini di Sirkuit Pertamina Mandalika pada 27-29 September 2024. Pertamina memberikan banyak bonus menarik untuk pembelian tiket melalui aplikasi MyPertamina. Periode promo pembelian tiket ini sudah berlangsung sejak 1 Juli – 29 September 2024.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan untuk memeriahkan event MotoGP tahun ini, Pertamina berikan banyak promo menarik. Masyarakat bisa membeli tiket di aplikasi MyPertamina dan mendapatkan bonus e-voucher MyPertamina hingga Rp 400.000 dan bonus poin MyPertamina hingga 4500 poin.

Heppy menambahkan Pertamina Patra Niaga senantiasa memastikan ketersediaan energi selama perhelatan MotoGP 2024 berlangsung.

“Kami berkomitmen selama perhelatan MotoGP di Mandalika, Lombok pada September 2024, Pertamina Patra Niaga siap melayani kebutuhan energi konsumen untuk mendukung kesuksesan acara tersebut. Kemudian di sisi lainnya, sama seperti tahun sebelumnya untuk mendukung kesuksesan acara Pertamina juga akan melibatkan UMKM selama penyelenggaraan acara yang diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih besar untuk perekonomian daerah”, pungkas Heppy.

Selain itu, Pertamina melalui anak perusahaannya yaitu Pertamina Lubricants juga telah bergabung dalam MotoGP sebagai partner dari VR46 Racing Team dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Kerjasama World Class Partnership ini menjadi langkah Pertamina untuk terus menjadi pemain besar di dunia otomotif internasional. Dan ini menjadi bukti bahwa VR46 Racing Team dan Valentino rossi menaruh kepercayaan yang tinggi pada kualitas internasional Pertamina Enduro.

Terpisah Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan Pertamina akan melakukan build up stok selama gelaran tersebut untuk mengantisipasi animo masyarakat.

“Besaran penebalan stok akan kami informasikan nanti setelah koordinasi dengan seluruh pihak. Namun yang pasti masyarakat tak perlu risau seluruh SPBU dan lembaga penyalur di lombok kita tingkatkan stoknya seperti tahun lalu,” ujar Ahad.

Stok BBM dan LPG di Pulau Lombok tergolong memadai karena semua supply point utama terdapat disitu.

“Pulau Lombok ditopang supply point LPG di Sekotong, Terminal BBM di Ampenan dan DPPU Bandara Internasional Lombok dengan stok yang mumpuni,” tambah Ahad.

Ahad pun menghimbau agar masyarakat segera war tiket sebelum kehabisan. “Masyarakat Jatim Bali dan Nusa Tenggara kami himbau karena di wilayah terdekat dengan lokasi sirkuit, segera membeli tiket Moto GP mandalika lewat aplikasi MyPertamina. Jangan sampai nanti kehabisan. Disitu bisa mengakomodir pembelian baik untuk individu maupun group bisa,” pungkas Ahad.

Informasi lebih lanjut mengenai Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, masyarakat dapat menghubungi PCC (Pertamina Call Center) 135 atau website mypertamina.id dan sosial media @mypertamina, @ptpertaminapatraniaga dan @patraniaga.jatimbalinus.(bul)

BeaconLink pada OPPO Reno12 Mungkinkan Panggilan Tanpa Pulsa dan Data

0
Hp Oppo Reno 12 (ekbisntb.com/kompas.com)

Jakarta (ekbisntb.com) – OPPO Indonesia memperkenalkan fitur BeaconLink pada ponsel seri OPPO Reno12 yang memungkinkan sesama pengguna gawai melakukan panggilan tanpa pulsa maupun paket data.

“Jadi, dengan BeaconLink setiap perangkat OPPO Reno12 series dalam jarak 200 meter bisa saling terkoneksi untuk berkomunikasi walaupun tidak ada jaringan dengan memanfaatkan Bluetooth yang ditingkatkan,” kata Kepala Humas OPPO Indonesia Arga Bima Jaksana Putra di Jakarta, Rabu 17 Juli 2024.

Arga menyampaikan bahwa perangkat dengan konektivitas Bluetooth yang tersedia di pasar biasanya dapat saling terhubung dengan jarak maksimal 10 meter.

OPPO telah meningkatkan jangkauan Bluetooth pada perangkat seri OPPO Reno12 hingga 300 persen dari tingkat konektivitas Bluetooth umum pada gawai.

Dengan dukungan BeaconLink, sesama pengguna OPPO Reno12 yang berada dalam jarak sekitar 200 meter bisa tetap terhubung meskipun sedang tidak ada sinyal dan koneksi internet.

BeaconLink dikatakan dapat berfungsi lebih optimal apabila di antara sesama pengguna OPPO Reno12 dalam jarak 200 meter tidak ada penghalang berupa tembok atau gedung.

Ponsel seri OPPO Reno12, yang akan dirilis pada 31 Juli 2024, juga didukung teknologi AI generatif. (ant)

Menperin minta produsen otomotif tahan kenaikan harga

0
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita(ekbisntb.com/ant)

Tangerang (ekbisntb.com) – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta para produsen otomotif agar tidak menaikkan harga produk mereka di tengah kondisi pasar yang sedang lesu.

“Pada dasarnya kita pemerintah minta supaya produsen-produsen jangan lagi atau jangan dulu menaikkan harga karena sekarang pasar lagi lesu,” ujar Agus usai menghadiri pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Tangerang, Banten, Kamis.

Menurut Agus, daya beli masyarakat saat ini sedang menurun, dan salah satu penyebabnya adalah tingginya nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah. Oleh karena itu, pemerintah meminta produsen untuk menahan diri menaikkan harga produk mereka.

Lebih lanjut, Agus juga menyinggung program Low Cost Green Car (LCGC) yang merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan.

Pemerintah saat ini sedang menghitung seberapa besar kenaikan harga yang dapat diterapkan pada unit LCGC oleh produsen yang mengikuti program tersebut.

“Kita sekarang sedang menghitung seberapa besar ya, kenaikan dari unit LCGC, jadi produsen yang mengikuti program LCGC itu berapa besar mereka bisa menaikkan harga. Tapi yang lain kami minta untuk tidak atau menahan diri untuk menaikkan harga,” pinta dia.

Penjualan kendaraan bermotor di Industri otomotif tanah air pada semester 1 2024 kembali menunjukkan hasil yang kurang maksimal jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Data terbaru yang diunggah Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di laman resmi mereka menunjukkan penjualan segmen wholesales (grosir) sepanjang semester awal 2024 mencapai 408.012 unit atau turun sebanyak 19,5 persen dari 506.427 unit pada 2023.

Hal yang sama juga terjadi pada segmen ritel yang hanya berhasil mencatatkan penjualan hanya sebanyak 431.987 unit atau turun sebesar 14 persen dari tahun sebelumnya yang berhasil mencapai 502.533 unit.

Penjualan wholesales pada Juni, menurut laporan dari Gaikindo hanya mencapai 72.936 unit, turun sebesar 11,8 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk penjualan secara ritel, Gaikindo mencatat hanya berada di angka 70.198 unit atau turun 12,3 persen. (ant)

BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat pada Triwulan II-2024

0
Erwin Haryono . (ekbisntb.com/antara)

Semarang (ekbisntb.com) – Bank Indonesia melalui hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha meningkat pada triwulan II-2024.

“Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 17,20 persen, lebih tinggi dari SBT pada triwulan I-2024 yang sebesar 14,11 persen,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.

Meningkatnya kegiatan dunia usaha tersebut ditopang oleh kenaikan kinerja beberapa lapangan usaha (LU), antara lain LU pertanian, kehutanan, dan perikanan sejalan dengan pergeseran musim panen khususnya komoditas tanaman pangan di sejumlah wilayah, LU transportasi dan pergudangan, dan LU konstruksi.

LU perdagangan besar eceran dan reparasi mobil motor, serta LU penyediaan akomodasi dan makan minum juga mengalami peningkatan permintaan pada saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri, Waisak, Kenaikan Isa Al Masih, dan Idul Adha.

Erwin menuturkan kapasitas produksi terpakai pada triwulan II-2024 tercatat sebesar 73,70 persen, meningkat dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang sebesar 73,61 persen.

Penggunaan tenaga kerja juga terindikasi meningkat disertai kondisi keuangan dunia usaha yang berada dalam kondisi baik, khususnya pada aspek likuiditas dan rentabilitas, didukung mudahnya akses pembiayaan.

Responden memprakirakan kegiatan dunia usaha pada triwulan III-2024 tetap kuat dengan SBT sebesar 15,91 persen.

Kegiatan usaha pada seluruh LU diprakirakan tumbuh positif antara lain LU industri pengolahan didukung kapasitas penyimpanan dan ketersediaan sarana produksi, LU pertambangan dan penggalian, LU konstruksi sejalan dengan berlanjutnya peningkatan aktivitas proyek bangunan, serta LU penyediaan akomodasi dan makan minum didorong oleh peningkatan permintaan pada momen libur sekolah. (ant)

PUPR: Kota Cerdas Harus Dibarengi dengan Pembangunan Gedung Cerdas

0
Ilustrasi Smart City(ekbisntb.com/ist)

Jakarta (ekbisntb.com) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, kota cerdas (smart city) harus dibarengi dengan pembangunan gedung cerdas.

“Konsep kota cerdas ini tentunya juga harus dibarengi dengan pembangunan gedung cerdas. Dengan demikian, konsep kota cerdas ini bisa berjalan sebagai satu ekosistem,” ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti dalam seminar daring yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Menurut Diana, sebuah kota dapat dikatakan cerdas jika di dalamnya dilengkapi dengan infrastruktur dasar dan juga yang memiliki transportasi yang lebih efisien serta terintegrasi, sehingga meningkatkan mobilitas dari masyarakat.

“Konsep itu juga menciptakan kualitas hidup masyarakat yang terus meningkat. Rumah dan bangunan yang hemat energi, bangunan yang ramah lingkungan, dan juga harus memakai energi yang terbarukan. Inilah hal-hal yang mesti muncul dalam konsep kota cerdas,” katanya.

Di era informasi digital yang begitu cepat, suatu kota ini dituntut untuk bertransformasi dengan cepat. Merencanakan kota tematik juga termasuk kota cerdas pada era ini juga membutuhkan proses yang komprehensif dan mengedepankan kepentingan publik.

Teknologi dan manusia ini menjadi faktor penting dalam mewujudkan kota cerdas. Banyak pemerintah daerah antusias ingin menerapkan kota cerdas sebagai dampak meningkatnya jenis dan entitas masalah perkotaan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 10 Tahun 2023 tentang Bangunan Gedung Cerdas, Bangunan Pintar atau Bangunan Gedung Cerdas (BGC) adalah Bangunan Gedung Hijau yang menerapkan sistem manajemen bangunan pintar yang responsif terhadap konteks kawasan, lingkungan, kearifan lokal, dan kebutuhan pengguna yang memenuhi standar teknis Bangunan Gedung serta sistem keamanan dengan menggunakan teknologi tinggi yang terintegrasi dan bekerja secara otomatis sesuai dengan prinsip-prinsip keberlanjutan, fungsi, dan klasifikasi dalam setiap tahapan penyelenggaraannya.

Sistem Manajemen Bangunan Pintar yang selanjutnya disebut Sistem Manajemen Bangunan Gedung (building management system) pada BGC adalah sistem automasi yang digunakan untuk memantau dan mengendalikan secara terintegrasi sistem mekanikal, elektrikal, dan/atau teknologi BGC. (ant)