spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaSampai Bulan Mei, Satu Juta Lebih Kunjungan Wisatawan ke NTB

Sampai Bulan Mei, Satu Juta Lebih Kunjungan Wisatawan ke NTB

Mataram (EkbisNTB.com) – Dinas Pariwisata NTB, optimis target kunjungan wisatawan di tahun 2024, mampu melampui target. Kunjungan wisatawan sampai bulai Mei telah mencapai satu juta lebih dari target 2,5 juta.

“Sampai Mei ini, satu juta setengah (wisatawan) adasih,” sebut Kabid Destinasi pada Dinas Pariwisata NTB, Chandra Aprinova dikonfirmasi pada, Selasa 28 Mei 2024.

Animo wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara cukup tinggi. Tujuan destinasi khususnya ke Gili Trawangan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara. Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah. “Animo wisatawan terutama yang terpantau di Gili Trawangan bisa sampai 2.500-3000 kunjungan wisata perhari,” katanya.

Diprediksi pada bulan Juli sampai September dipastikan NTB akan dijejali oleh wisatawan. Tiga bulan tersebut akan berlangsung kejuaraan skala nasional maupun internasional. Seperti, perhelatan MotoGP yang akan berlangsung pada bulan September.

Chandra menambahkan, selain memaksimalkan sport tourism di KEK Mandalika. Pemprov NTB, juga mencoba memaksimalkan wisata muslim friendly. Pemaksimalan ini dilakukan karena Lombok sebagai pulau seribu masjid, sehingga banyaknya wisatawan asal negara muslim seperti Timur Tengah, Malaysia, dan Pakistan berkunjung.

“Wisata halal itu, termasuk Islamic Center, kedepan itu akan menjadi ciri khas kita selain Sport Tourism, artinya memusatkan semua jenis olahraga di Mandalika ” lanjutnya.

Di satu sisi, pemaksimalan kunjungan wisatawan saat low session, pihaknya akan mencoba memaksimalkan Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE) berskala nasional untuk diselenggarakan di NTB. Sehingga meskipun sedang tidak di masa high session, kunjungan ke NTB tetap ada.

“Pj Gubernur juga mengarahkan kita agar bisa menggaet MICE-MICE berskala nasional, untuk dilaksanakan di NTB, jadi menjelanh saat tidak high session, diluar Juli Agustus yang biasanya ramai, itu kita harus bisa menggaet event-event berskala nasional jadi diluar Juli-Agustus saat wisatawan asing tidak kesini, kita maksimalkan dengan rapat koordinasi berskala nasional,” jelasnya. (era)

Artikel lainnya….

Dana Irigasi Perpompaan Senilai Rp112.800.000 Dalam Proses Transfer

Program ICARE Bank Dunia, Konsorsium Koperasi Loteng Dapat Fasilitas Pinjaman Senilai Rp 1,5 Triliun

Realisasi Rendah, Investor Teluk Mekaki Dipanggil DPMPTSP Lobar

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini