spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiPadukan Budidaya Ikan dan Sayuran, Padukan Budidaya Ikan dan Sayuran PLTU Jeranjang...

Padukan Budidaya Ikan dan Sayuran, Padukan Budidaya Ikan dan Sayuran PLTU Jeranjang Berikan Bantuan Akuaponik

PT. PLN Indonesia Power UBP Jeranjang kembali menunjukkan kontribusi nyatanya kepada masyarakat dalam membantu pemerintah. Kali ini, PT PLN Indonesia Power UBP Jeranjang berkolaborasi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mataram, memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat, Kamis, 20 Juni 2024.

Dalam kesempatan itu, masyarakat juga diberikan bantuan berupa akuaponik, yang diwakili Danlanal Mataram Kolonel Laut (Pelaut) Waluyo. Layanan kesehatan gratis tersebut menyasar ratusan warga di dua Dusun di Desa Taman Ayu. Warga sangat antusias mendapatkan layanan kesehatan yang diadakan di lokasi Sekolah Dasar tersebut. Warga terdiri dari kalangan orang tua, dewasa, anak-anak dari Kalangan nelayan petani dan nelayan berdatangan ingin memeriksakan kesehatannya.

Faqih Anggara, selaku Manager PT PLN Indonesia Power menyampaikan, program rutin layanan kesehatan gratis ini bertujuan untuk membantu mengentaskan angka stunting di Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen PT PLN Indonesia Power dalam membantu mengentaskan stunting di Desa Taman Ayu.

“Pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya bagi balita, tetapi juga bagi lansia, serta masyarakat yang membutuhkan,”kata Faqih Anggara.

Ia berharap melalui program rutin ini, bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekitar. Ia juga berharap bantuan akuaponik yang diberikan pihaknya dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi baik nabati maupun hewani.

Akuaponik adalah sistem perpaduan budidaya ikan dan sayuran yang saling terhubung dan memberi manfaat satu sama lain. Ikan yang dibudidaya mendapatkan asupan makanan langsung dari pembudidaya. Sementara itu, sayuran mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan dan sisa pakan yang sudah terurai, sehingga bermanfaat untuk sintesis protein tanaman. Air yang berasal dari kolam ikan tidak dapat langsung dialirkan ke tanaman, tetapi harus melalui sistem penyaringan dan sistem nitrifikasi.

Hal ini bertujuan untuk mengendapkan kotoran ikan dan mengubah unsur nitrogen yang dominan dari kolam ikan seperti urea dan amonia. Ini karena tanaman hanya menyerap unsur nitrogen dalam bentuk ion. Selain itu, nitrifikasi mencegah tanaman mengalami keracunan akibat dominasi unsur nitrogen.

Secara umum sistem akuaponik cukup efisien untuk diterapkan di tengah perkotaan yang memiliki lahan sempit. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, perhatikan beberapa hal berikut agar budidaya berhasil.

Di tempat yang sama, Danlanal Mataram, Kolonel Laut (Pelaut) Waluyo menyampaikan kolaborasinya dengan PLN ini merupakan komitmen Lanal Mataram dalam membantu mengentaskan angka stunting.

Sementara itu, Kepala Desa Taman Ayu, Muhammad Tajudin mengaku masyarakat antusias dengan adanya pengobatan gratis ini tidak hanya dinilai dapat membantu masyarakat dalam mendeteksi penyakit tetapi juga mampu menekan angka stunting di Desa Taman Ayu.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan kolaborasi dari PT PLN Indonesia Power Lanal Mataram serta pihak Desa Taman Ayu. Tajudin pun berterimakasih kepada pihak PLTU dan Lanal Mataram yang secara rutin memberikan layanan kesehatan gratis kepada warganya. “Ini sangat membantu warga kami, dan Alhamdulillah kesehatan warga kami pun makin hari makin bagus,”katanya. (her)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini