spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaMeninggal Tanpa BP Jamsostek, Keluarga yang Ditinggal Bisa Jadi Tambahan Warga Miskin...

Meninggal Tanpa BP Jamsostek, Keluarga yang Ditinggal Bisa Jadi Tambahan Warga Miskin Baru

Selong (ekbisntb.com) – Jumlah warga miskin baru di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) diketahui lebih dari 50 ribu jiwa. Pemerintah berupaya untuk terus menekan kasus miskin baru. Termasuk menghadirkan program perlindungan sosial, menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau disingkat BPJamsostek. Warga yang meninggal tanpa BPJamsostek bisa menjadi miskin baru.

Kepala Cabang BPJamsostek Cabang Lotim, Muhammad Haliq As’sam belum lama ini mengemukakan pihaknya turut dorong percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem. Karenanya, kepesertaan BPJamsostek ini menyasar seluruh elemen masyarakat. Mulai pedagang di pasar, buruh tani, pekerja rumah tangga dan semua yang berusia 17 tahun sampai 65 tahun kurang satu bulan.

Warga yang berada pada garis kemiskinan ini juga berhak mendapat perlindungan sosial bidang ketenagakerjaan. Ketika menjadi peserta maka dipastikan ketika terjadi kecelakaan kerja akan dapat perawatan hingga sehat. Ketika meninggal dunia dapat klaim jaminan kematian.

Sejauh ini, jumlah klaim di Kabupaten Lotim cukup besar. Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) 413 orang sebesar Rp 7,5 miliar. Klaim JKK 4 kasus dengan jumlah klaim Rp 227 juta. Klaim Jkm 79 kasus dengan klaim Rp 3,3 miliar. Jaminan pensiun 464 orang dengan total Rp 536 juta.

Kepala Cabang BPJamsostek Lotim menambahkan, saat ini jumlah kepesertaan masih kecil. Baru 24,19 persen kepesertaan BPJamsostek. Atau baru sepertiga dari jumlah seluruh penduduk Lotim 1,3 juta jiwa.

Lotim cukup berat menaikkan target kepesertaan. Tahun 2024 ini ditarget 38,66 persen. Naik dari tahun sebelumnya 31,02 persen.

Regulasi di Lotim belum ada yang spesifik tentang perlindungan. Lotim kalah dari segi regulasi. BPJamsostek sudah siapkan draf regulasi dan siap serahkan ke Pemda untuk dibahas dan diundangkan. (rus)

Artikel Yang Relevan

Iklan

spot_img

Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut