spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPemdes Tatar Kembangkan Budidaya Ikan Kolam Terpal

Pemdes Tatar Kembangkan Budidaya Ikan Kolam Terpal

Taliwang (ekbisntb.com) – Langkah Pemerintah Desa (Pemdes) Tatar patut diacungi jempol. Salah satu desa di kecamatan Sekongkang ini menggagas program budidaya ikan kolam terpal dengan melibatkan warganya.

Dalam menjalankan program budidaya ikan air tawar itu, Pemdes Tatar memanfaatkan anggaran desanya. Terdapat 10 kolam terpal berdiamter 3 meter kemudian dibangun, dimana pada tiap kolam sebanyak 1.000 bibit ikan nila disediakan untuk kemudian dipelihara oleh warganya. “Kami pakai APBDes. Kegiatan ini jadi salah satu program pemberdayaan masyarakat kami,” kata Kades Tataer, M. Yusuf saat acara pelepasan bibit, Kamis 6 Juni 2024.

Yusuf menjelaskan, ide program budidaya ikan kolam terpal itu sebenarnya muncul untuk menjawab persoalan kebutuhan warga. Selama ini warga desa Tatar terbatas dalam mendapatkan sumber pangan hewani terutama jenis ikan. “Ini untuk kebutuhan masyarakat kita saja kurang. Jadi produksinya nanti kita benar-benar fokuskan untuk pemenuhan konsumsi warga saja,” paparnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat, Noto Karyono mengapresiasi langkah Pemdes Tatar itu. Menurutnya, apa yang dilaksanakan pihak desa dalam mengelola program pemberdayaannya sangat brilian. Sebab selain menjawab kebutuhan warga pada sisi lainnya juga mampu mengerahkan perekonomian warganya. “Yang hebat ini kolamnya juga disisipi dengan tanaman pangan lainnya. Memakai air limbah kolam untuk menyiram tanaman sayuran di sekitar kolam,” paparnya.

Dijelaskan Noto, pola budidaya ikan terpal yang dikelola Pemdes Tatar ini sudah sangat baik. Bahkan tidak lagi pada tataran budidaya hobi namun telah mengarah pada bisnis budidaya. “Dan prospeknya bagus karena pasarnya adalah warga desa,” sebutnya.

Selain desa Tatar, Noto selanjutnya menyampaikan, ada beberapa desa lain yang sudah memulai program budidaya ikan kolam terpal ini. Desa-desa itu diantaranya desa Kemuning dan Sekongkang Atas di kecamatan Sekongkang dan desa Batu Putih di kecamatan Maluk. “Jadi apa yang dilaksanakan oleh empat desa ini menurut kami sangat luar biasa,” kata mantan Kabag Pemerintahan Setda KSB ini.

Noto selanjutnya menyampaikan, pihaknya mendukung dan akan mendorong desa-desa lainnya melaksanakan program yang sama. Bahkan ia membayangkan ke depan KSB swasembada ikan air tawar lewat program tersebut. “Dengan memakai kolam terpal semua desa bisa menjalankan kegiatan budidaya ikan ini. Dan kami dari dinas siap mensupport dalam bentuk program pengembangan dan pendampingannya,” tukasnya. (bug)

Artikel Yang Relevan

Iklan

spot_img

Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini