spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPedagang Musiman

Pedagang Musiman

Aktivitas pedagang di depan asrama haji, Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, mulai meningkat menjelang pemberangkatan jemaah calon haji (JCH). Pengaturan lapak pedagang musiman dan pengelolaan parkir diserahkan sepenuhnya ke masyarakat setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Sekarbela, Cahya Samudra ditemui pada Rabu 8 Mei 2024 menjelaskan, pedagang kaki lima di depan asrama haji adalah pedagang musiman yang menjalankan aktivitas saat pemberangkatan dan kedatangan jemaah calon haji di Nusa Tenggara Barat. Aktivitas pedagang seolah menjadi tradisi setiap tahunnya. Hal ini memiliki dampak positif dengan menggeliatnya aktivitas ekonomi di kawasan tersebut.

Namun demikian, pemerintah kecamatan patut menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung di kawasan tersebut. Pihaknya mengantisipasi dengan memasang garis pembatas menggunakan tali sebagai penanda kawasan dilarang berjualan. “Kalau tidak diantisipasi lebih cepat pedagang akan mengklaim sebagai lahan untuk berjualan,” terangnya.

Rapat koordinasi bersama Polsek Ampenan, Danramil, kelurahan serta tokoh agama dan tokoh masyarakat disepakati pengelolaan parkir, kebersihan, dan keamanan selama pelaksanaan pemberangkatan haji diserahkan ke masyarakat setempat. Warga dari Lingkungan Mapak Belatung, Mapak Dasan, dan sekitarnya diberdayakan dengan cara membuat kelompok untuk mengatur PKL, parkir, keamanan, dan lain sebagainya.

Pelibatan masyarakat dinilai penting sebagai bentuk kepedulian dan pemberdayaan masyarakat. “Kita berusaha memberdayakan masyarakat setempat saja,” ujarnya.

Cahya mengakui, tidak bisa menjamin 100 persen, pedagang tidak berjualan di median jalan. Pasalnya, pedagang buah dagang menjelang pagi hari dan langsung meletakkan barang dagangan mereka di atas median jalan. Hal ini perlu diawasi dan petugas akan mengusir pedagang yang melanggar aturan tersebut.

Mantan Lurah Pagutan Barat ini mengimbau masyarakat agar membantu pemerintah dengan menjaga kebersihan, tidak berjualan di median jalan dan tidak berjualan di bahu jalan, sehingga kawasan di depan asrama haji terlihat bersih dan rapi. (cem)

Artikel lainnya….

Disperin NTB Gandeng BSN untuk Tingkatkan Kualitas Produk IKM

Sport Tourism Menggeliat, Lapangan Golf Lombok Kosaido Akan Dilengkapi Hotel Bintang Empat

Indosat Tumbuh Melejit di Nusa Tenggara, Ekonomi Lokal Makin Berdaya

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini