spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaDukung Peningkatan SDM Masyarakat Lingkar Kawasan The Mandalika, ITDC Lanjutkan Program ‘’InJourney Hospitality...

Dukung Peningkatan SDM Masyarakat Lingkar Kawasan The Mandalika, ITDC Lanjutkan Program ‘’InJourney Hospitality House’’

Praya (Ekbis NTB) – InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) memutuskan untuk melanjutkan kembali program InJourney Hospitality House (IHH) pada tahun ini. Program pelatihan kepariwisataan yang diperuntukan bagi para pegiat dan pelaku pariwisata tersebut harapkan bisa mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat, khususnya yang ada di lingkar kawasan The Mandalika. Terutama lagi para pelaku pariwisatanya.

“Untuk tahap pertama, programnya sudah dimulai Senin 27 Mei 2024 kemarin,” terang Pejabat Pengganti Sementara (Pgs) General Manager The Mandalika Wahyu M. Nugroho, dalam keterangan, Rabu 29 Mei 2024 kemarin.

Program IHH tahap pertama 2024 ini diikuti 40 peserta yang berasal dari desa-desa di Kecamatan Pujut lingkar kawasan The Mandalika. Dengan latar belakang yang beragam. Mulai dari pelaku usaha, mahasiswa hingga pekerja di bidang pariwisata sekitar kawasan The Mandalika. Programnya dirancang untuk bisa meningkatkan kemampuan dan wawasan peserta di bidang hospitality yang merupakan komponen penting dalam industri pariwisata.

Berbeda dengan program IHH sebelumnya, untuk program IHH tahun ini pihak ITDC melibatkan trainer local. Yakni Burhanudin, pendiri Yayasan Pendidikan Gawah Bonga Desa Tumpak yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan khusus “Training The Trainer” yang diselenggarakan oleh InJourney di Bali awal bulan Mei kemarin.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya, Burhanudin diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan kualitas pelayanan pariwisata di daerah ini.  “Jadi selama tiga hari, peserta mendapatkan berbagai materi pelatihan yang mencakup teknik-teknik pelayanan yang baik dan profesional dalam bidang pariwisata,” lanjutnya.

Pelatihan tersebut tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi individu. Tetapi juga untuk memperkuat sektor pariwisata lokal. Dan, pada akhirnya dapat mendorong perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan The Mandalika.

“IHH merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata. Tujuan utamanya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan The Mandalika dan sekitarnya. Sekaligus menjadi contoh nyata bagaimana kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dapat menghasilkan inisiatif yang positif untuk pembangunan local,” imbuh Wahyu.

Karena didalamnya ada juga keterlibatan sejumlah pihak. Seperti pemerintah daerah dan unsur lainnya. Termasuk PT. Angkasa Pura (AP) I LIA selaku member InJourney bersama dengan ITDC. (kir)

Artikel lainnya….

IMI NTB Sarankan SEG Bertemu Walikota

Pemkot Mataram Siapkan Konsep Membuka Dua Jalan Baru

4.000 Rumah di Mataram Jadi Sasaran Sambungan IPAL Komunal

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini