spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaTekan Kasus Pemboman Ikan dengan Bantuan Alat Tangkap

Tekan Kasus Pemboman Ikan dengan Bantuan Alat Tangkap

KASUS penangkapan ikan dengan cara dibom pada area kumpul ikan di sekitar perairan Kabupaten Dompu semakin terbatas. Terakhir kasusnya ditemukan di perairan teluk Sanggar wilayah Kecamatan Kilo beberapa bulan lalu.

Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu terus melakukan pendekatan dan edukasi, termasuk berupaya memenuhi harapan nelayan terkait alat tangkap yang memadai.

- Iklan -

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Amiruddin, S.Hut saat dihubungi, Sabtu 25 Mei 2024. “Kasus penangkapan ikan dengan cara bom, sudah banyak berkurang. Bahkan dalam beberapa waktu terakhir, tidak kita dengar,” kata Amiruddin.

Dikatakan Amiruddin, ketika mengetahui ada nelayan yang melakukan penangkapan ikan dengan cara bom ikan, langsung didekati untuk pembinaan. Upaya yang dilakukan dengan berkomunikasi langsung dan menanyakan harapan agar meninggalkan praktik bom ikan.

Selain merusak terumbu karang dan biota di laut, penangkapan ikan dengan cara bom dapat mengancam keselamatan nelayan itu sendiri. “Sejauh ini yang kami lakukan dengan membantu nelayan dengan alat tangkap yang mereka inginkan. Alhamdulillah mereka bisa mengalihkan dengan alat tangkap yang kita berikan,” kata Amiruddin.

Kesadaran nelayan untuk menjaga perairannya juga kian meninggat. Para nelayan sadar, ketika terumbu karang rusak akan menggangu biota laut termasuk semakin terbatas ikan. Pada akhirnya, hasil tangkapan semakin terbatas.

Ketika ada kasus tangkap ikan dengan cara bom, para nelayan cukup kompak menjaga dengan melaporkan ke Polairud dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Sehingga bisa langsung disikapi dengan cepat. “Praktik ini sudah cukup lama, makanya sudah tidak ada nelayan dari luar yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal,” katanya. (ula)

Artikel lainnya….

HNSI NTB akan Gugat UU Nomor 1 Tahun 2022

Pengusaha Perempuan NTB Dukung Rohmi-Firin di Pilkada NTB

Kolaborasi dengan Polda NTB, Ikhtiar APJII Bali Nusra Wujudkan Internet Berkualitas dan Aman

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini