spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiPerwakilan Sekolah dan Pasar dari NTB Juarai Lomba Pangan Aman Tingkat Nasional

Perwakilan Sekolah dan Pasar dari NTB Juarai Lomba Pangan Aman Tingkat Nasional

Jakarta (Ekbis NTB) – Badan POM RI memberikan penghargaan lomba tiga Program Perioritas Nasional (Pro PN) Keamanan Pangan yaitu : Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Sekolah dengan PJAS Aman.

Pada lomba Keamanan Pangan Nasional ini, NTB berhasil meraih beberapa prestasi yang membanggakan untuk wilayah Regional Tengah, yaitu :
– Pasar Dasan Agung meraih Juara 3 lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas.
– SDN 19 Cakranegara meraih Juara 1 Lomba Sekolah denga PJAS Aman Tingkat SD.
– SMAN 5 Mataram meraih Juara 1 Lomba Sekolah denga PJAS Aman Tingkat SMA.

Penghargaan diserahkan oleh Plt. Deputi 3, Ema Setyawati, S.Si., Apt., ME di Gedung Merah Putih Badan POM RI, Jumat 21 Juni 2024 kepada Kepala Pasar Dasan Agung, Kepala Sekolah SDN 19 Cakranegara dan Kepala Sekolah SMAN 5 Mataram.

Hadir langsung mewakili Pemkot Mataram, Sekda Kota Mataram Lalu Alwan Basri, S.PI., M.Si.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Badan POM RI, Dr. Dra. L. Rizka Andalusia, Apt., M. Pharm., MARS menyampaikan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia.

Tentunya untuk mewujudkan ketersediaan pangan yang aman dan bermutu Badan POM tidak bisa bekerja sendiri / single player, karena masalah keamanan pangan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai suatu bangsa.

Perlu ada upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan, yang salah satunya melalui intervensi Keamanan Pangan Terpadu dan Berbasis Komunitas.

”Pangan yang aman, bermutu dan bergizi sangat mendukung daya saing generasi penerus untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045” pungkas Dr. Dra. L. Rizka.

Merespon hal ini Kepala BBPOM di Mataram Yosef Dwi Irwan merasa sangat bangga dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh pihak Sekolah dan Pasar dalam membangun Keamanan dan Ketahanan Pangan.

“Sungguh prestasi yang sangat luar biasa, NTB kembali menorehkan prestasi di Tingkat Nasional. Terima kasih atas komitmen nyata Keamanan Pangan yang telah ditunjukan oleh pihak SDN 19 Cakranegara, SMAN 5 Mataram dan Pasar Dasan Agung. Tentunya dukungan Pemda dalam hal ini Kepala Daerah dan OPD terkait juga berperan penting sehingga dapat dicapai prestasi yang membanggakan ini.” Yosef berharap keberhasilan ini dapat ditularkan atau direplikasi kepada sekolah dan pasar lainnya untuk mewujudkan SDM NTB yang sehat, unggul dan berdaya saing.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini