spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiHaji Mo Resmikan Rute Wings Air Denpasar-Sumbawa

Haji Mo Resmikan Rute Wings Air Denpasar-Sumbawa

Sumbawa Besar (ekbisntb.com) – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah alias Haji Mo meresmikan dibukanya rute baru maskapai Wings Air dengan tujuan Denpasar-Sumbawa, di bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Jumat 21 Juni 2024. Penambahan rute baru ini dinilai akan membuat sektor pariwisata Sumbawa semakin bergairah.

Ia mengatakan, dengan adanya pembukaan rute baru ini, akses transportasi masyarakat akan lebih beragam. Selain itu, rute baru ini diharapkan mampu mengembangkan sektor pariwisata di Sumbawa.

“Masalah utama kita berada di akses transportasi, dengan adanya tambahan rute penerbangan baru ini maka persoalan tersebut bisa kita selesaikan,” harapnya.

Ia menambahkan, dengan rute baru tersebut, sektor pariwisata di Sumbawa akan semakin menggeliat karena aksesnya sudah semakin mudah. Karena selama ini Sumbawa masih terkendala akses transportasi, dimana wisatawan harus menghabiskan waktu di perjalanan sebelum mencapai lokasi tujuan.

“Kami sangat mendukung adanya rute baru ini, sehingga akses transportasi semakin beragam dan waktu tempuh bisa semakin singkat,” tukasnya.

Maskapai Wings Air resmi membuka rute penerbangan baru Denpasar-Sumbawa dan Sumbawa-Denpasar yang ditandai dengan prosesi water salute.

“Sebelum pembukaan rute baru, kita sudah melakukan survey dengan melihat jumlah penumpang, jadi kita tidak masuk begitu saja melainkan tetap melihat potensi,” kata Capt. Iyus Susianto, Direktur Keselamatan, Keamanan dan Kualitas Wings Air, kepada wartawan, Jumat 21 Juni 2024.

Dikatakannya, di pendaratan perdana keterisian kursi penumpang hampir mencapai 100 persen. Bahkan dirinya meyakini bahwa Sumbawa sangat menjanjikan karena didukung sektor pariwisata yang sangat bagus.

“Sumbawa ini sangat menjanjikan bagi kami (Wings Air), kami juga tengah melakukan kajian untuk pengembangan dengan rute Sumbawa- Labuhan Bajo, NTT,” ucapnya.

Dia pun meyakinkan, bahwa penerbangan dengan rute baru tersebut rutin setiap harinya. Bahkan dengan dibukanya, rute baru tersebut maka akses transportasi di Sumbawa akan lebih beragam karena tidak hanya jalur darat sehingga bisa memudahkan akses masyarakat.

“Jadi, dengan satu tiket bisa ke seluruh Indonesia dari Sumbawa karena pilihan maskapai di Denpasar nantinya akan lebih beragam,” jelasnya.

Disinggung terkait dengan harga tiket, Capt Iyus mengatakan untuk tiket Sumbawa-Denpasar berkisar di angka Rp1,2 juta. Hal tersebut dengan mengacu pada ketentuan pemerintah terkait ambang atas dan ambang bawa dan itu tidak bisa dilanggar.

“Harga itu sudah sesuai dengan ketentuan pemerintah, apalagi harga bahan bakar juga mahal, spare part juga tergantung dolar,” tambahnya.

Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Tri Pono Basuki Wijianto, mengatakan maskapai, Wings Air akan terbang dari Denpasar sekitar pukul 09.50 wita. Akan terbang kembali Sumbawa-Denpasar pukul 11.05 wita mengunakan pesawat tipe ATR 72-500/600.

“Kalau untuk jadwal Sumbawa- BIZAM tetap beroperasi normal tidak ada perubahan rute ini hanya penambahan slot untuk penerbangan Sumbawa-Denpasar saja,” ujarnya.

Dia pun berharap semoga penambahan rute baru bisa berjalan lancar dan bisa bertahan. Sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dari sektor wisata dan meningkatkan investasi di Sumbawa.

“Penambahan rute baru ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian sehingga akses transportasi masyarakat bisa lebih cepat ke daerah tujuan,” tambahnya. (ils)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini