spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPuluhan Hektare Lahan Pertanian Terdampak Kekeringan

Puluhan Hektare Lahan Pertanian Terdampak Kekeringan

Sumbawa Besar (Ekbis NTB) – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sumbawa, mencatat sedikitnya ada sekitar 63 hektar lahan pertanian yang terdampak kekeringan yang tersebar di dua Kecamatan di musim tanam 2024.

“63 Hektare lahan tersebut belum masuk kategori gagal panen karena langsung ditangani, kami juga terus memantau kondisi terkini di lapangan,” kata Kabid Perlindungan Tanaman dan Pengembangan Usaha, Distan Sumbawa, Toni Hamdani, kepada Ekbis NTB, Senin 13 Mei 2024.

Dia pun merincikan, berdasarkan data yang diterima dari penyuluh di lapangan puluhan Hektare tersebut berada di Kecamatan Lape dan Lopok. Di kedua Kecamatan itu ada sekitar 47 Hektare yang masuk dalam kategori ringan dan 17 Hektare kategori sedang.

“Lahan-lahan ini sudah kita tangani dengan menggeser sejumlah mesin pompa air yang berada di sekitar lokasi tersebut,” ucapnya.

Dia pun meyakinkan, terhadap lahan tersebut sejauh ini tidak terjadi gagal panen. Sebab, petugas di lapangan tetap akan terus melakukan pemantauan di lapangan dan memberikan laporan termasuk membantu mesin pompa air.

“Kekeringan yang terjadi masih dalam intensitas ringan, tidak sampai menimbulkan gagal panen,” ujarnya.

Dia meyakinkan, terhadap lahan yang terdampak kekeringan itu sudah dilaporkan ke Pemerintah Provinsi dan Pusat untuk dilakukan penanganan  lebih lanjut. Karena jika tidak ditangani, kerusakannya akan semakin parah sehingga akan mengakibatkan gagal panen.

“Data ini sudah kita laporkan untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Kami juga tetap akan mengupayakan sarana yang kita miliki untuk kita berikan ke petani untuk menangani masalah tersebut,” tukasnya. (ils)

Artikel lainnya….

Kolaborasi dengan Polda NTB, Ikhtiar APJII Bali Nusra Wujudkan Internet Berkualitas dan Aman

Dipasangi Spanduk KPK, Pemilik Rumah Bakso Sampaikan Kondisi Sebenarnya

Terpilih Aklamasi, Ketut Jaya Kembali Pimpin DPD AHLI NTB

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini