spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaDisperin NTB Latih Puluhan Warga Lingkar Bendungan Batujai Membuat Kerajinan dari Eceng...

Disperin NTB Latih Puluhan Warga Lingkar Bendungan Batujai Membuat Kerajinan dari Eceng Gondok

Mataram (Ekbis NTB) – Dinas Perindustrian NTB memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada puluhan warga sekitar lingkungan Bendungan Batujai, Kabupaten Lombok Tengah untuk memanfaatkan eceng gondok sebagai kerajinan.

Bendungan Batujai adalah bendungan terbesar di Lombok Tengah. Bendungan ini terletak di Batujai, Praya Barat. Bendungan ini menjadi lahan subur berkembangnya tumbuhan air, eceng gondok. Pengelola bendungan, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I melakukan berbagai cara untuk mengurangi volume perkembangan eceng gondok di bendungan ini. Selain diangkat, masyarakat juga terus didorong untuk memanfaatkan eceng gondok ini sebagai pakan ternak, hingga kerajinan.

Dinas Perindustrian NTB juga menangkap hal ini sebagai salah satu potensi bahan baku untuk mengembangkan industry kerajinan. Setelah sebelumnya melakukan koordinasi dengan pengelola bendungan, Dinas Perindustrian NTB kemudian memberikan pelatihan kepada 20 masyarakat lingkungan bendungan Batujai, menggandeng Forum Komunitas Waduk (FKW) Banjar Kedaton.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB mendatangkan Cornelia Lina Meiliasari, seorang ahli kerajinan eceng gondok yang memiliki sertifikasi utama kendali mutu kerajinan eceng gondok. Pelatihan diberikan selama tiga hari, ditutup Kamis (16/5/2024).

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE.,ME mengatakan, pelatihan industry kerajinan yang diberikan kepada masyarakat lingkar Bendungan Batujai merupakan langkah konkret dalam mengimplementasikan program Jumat Salam yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi NTB, serta sebagai upaya memanfaatkan potensi eceng gondok di daerah tersebut.

“Eceng gondok memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai muatan lokal di pendidikan sekitar bendungan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terbentuk ekosistem industri yang terintegrasi mulai dari rantai pasok bahan baku hingga pemasaran produk jadi, serta penyerapan sumber daya manusia yang optimal,” ujarnya.

Kegiatan BIMTEK Wirausaha Baru Produk Kerajinan Eceng Gondok bagi IKM Kabupaten Lombok Tengah ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi perkembangan usaha kreatif di daerah tersebut serta menjadi contoh inspiratif bagi daerah-daerah lain di Provinsi NTB.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini