spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaBrida NTB Dukung Lombok Tengah Jadi Kabupaten Inovatif

Brida NTB Dukung Lombok Tengah Jadi Kabupaten Inovatif

Praya (Ekbis NTB) – Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi NTB memberikan penyuluhan dalam rangka mendukung Kabupaten Lombok Tengah menjadi kabupaten inovatif.

“Saat ini Lombok Tengah menjadi salah satu kabupaten di Provinsi NTB yang masuk kategori kurang inovatif,” kata Kepala Brida NTB Lalu Suryadi usai acara FGD Forum Komunikasi Riset dan Inovasi Daerah di Kantor Bupati Lombok Tengah di Praya, Selasa.

Kabupaten Lombok Tengah belum menjadi kabupaten inovatif, bukan karena tidak memiliki inovasi, namun tidak terlepas belum dilaporkannya berbagai inovasi yang telah dibuat ke dalam sistem.

“Selama ini belum seluruhnya inovasi yang ada di daerah ini dilaporkan di dalam sistem indeks inovasi daerah,” katanya.

Ia mengatakan status kabupaten lain di NTB sudah inovatif, sehingga pada 2023 NTB menerima Innovatif Government Award.

Jika salah satu kabupaten sudah dinyatakan menjadi kabupaten inovatif maka berbagai inovasi yang sudah dilakukan di daerah itu tandanya sudah berjalan dengan baik, tinggal bagaimana meningkatkan berbagai inovasi itu agar ke depan bisa menjadi kabupaten terinovatif.

“Kalau Lombok Tengah mulai menggencarkan inovasi ini dari 2023, sementara pada 2023 itu kita statusnya sudah melakukan verifikasi dan pembenahan terhadap inovasi yang dibuat,” katanya.

Di sisi lain pada saat itu syarat untuk bisa dimasukkan di indeks inovasi daerah kalau inovasi sudah berjalan dua tahun. Artinya berbagai inovasi yang ada di Lombok Tengah saat itu statusnya masih konsep dan baru bisa dimasukkan dalam indeks inovasi daerah itu jika inovasi tersebut sudah dilaksanakan.

Menurut dia, tahun 2024 merupakan kesempatan bagi Lombok Tengah agar bisa menjadi kabupaten yang inovatif.

“Saran kita untuk Lombok Tengah, apa yang sudah dikerjakan dari 2023 lalu sudah bagus, tinggal bagaimana sekarang membuat inovasi- inovasi yang ada itu bisa masuk dalam sistem indeks inovasi daerah dengan cara dilengkapi administrasi, regulasi, dan daya dukungnya,” kata dia.

Ia mengatakan selisih angka untuk bisa menjadi kabupaten inovatif sangat sedikit, yang mana untuk bisa menjadi kabupaten Inovatif maka poin yang didapatkan harus minimal 35 poin, sebelumnya poin Lombok Tengah masih 33. “Artinya tinggal dua poin lagi daerah tersebut bisa menjadi kabupaten inovatif,” katanya. (ant)

Impor Beras dari Vietnam dan Thailand Distop Masuk NTB

Terkena Serangan Burung, Pesawat Citilink Rute Lombok-Denpasar Putar Balik  

Bulog Langsung Beli Jagung Petani Sesuai HAP

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini