spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaNTBKerap Dicuri, Dishub NTB akan Pasang 535 Titik PJU Seminggu Jelang MotoGP

Kerap Dicuri, Dishub NTB akan Pasang 535 Titik PJU Seminggu Jelang MotoGP

Lombok (ekbisntb.com) – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu. Muhammad Faozal mengatakan pihaknya akan memasang lampu penerangan di 535 titik yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika seminggu sebelum perhelatan MotoGP berlangsung.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pencurian lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pada saat balapan berlangsung.

- Iklan -

“Rencananya kita akan pasang kira-kita H-seminggu dari tanggal 27 September, sebanyak 535 titik,” ujarnya dalam pemaparannya pada Rakor persiapan MotoGP di RS Mandalika, Senin, 26 Agustus 2024.

Ia mengatakan ini kali ketiga pihaknya membenahi perihal penerangan jalan yang ada di KEK Mandalika. Lampu penerangan jalan yang ada di kawasan tersebut kerap kali dicuri warga.

Meski Dishub NTB telah melakukan upaya agar penerangan tersebut tidak bisa dicuri, namun tidak berhasil, tetap saja penerangan jalan tersebut hilang.

“Ini sudah ke tiga kali. Dua kali event kita benahi. Motifnya hampir sama. Event pertama kita kehilangan kabel karena kabel ditanam dibawah tanah, dan itu hilang sepanjang 7,3 KM, sudah kita benahi dan kabelnya sudah kita naikkan, tidak lagi dibawah. Naik ke atas sekarang yang hilang itu trapo,” lanjutnya.

Menurut Faozal, jumlah total lampu penerangan jalan yang ada di KEK Mandalika sebanyak 677 penerangan tersebar di rute Bypass 1 sejumlah 163, dari Bandara menuju bundaran Sunggung sebanyak 430 titik, dari Bundaran Sunggung sampai ke Sirkuit terdapat 84 titik. Dari total tersebut, 530 diantaranya tidak berfungsi atau mati.

Pemasangan kembali di 530 titik ini, Dishub NTB bersama dengan Kementrian Perhubungan mengeluarkan total belanja senilai Rp2,3 miliar.

Mantan Kadis Pariwisata ini mengatakan pihaknya sudah melaporkan hilangnya lampu penerangan jalan ini ke pihak Kepolisian, namun karena proses pemanggilan yang berjilid-jilid sehingga pihakknya tidak melanjutkan proses laporan tersebut.

“Kita sudah melapor ke polisi, tapi kita yang cape dibanding dengan pencuri untuk dimintai keterangan dan seterusnya,” katanya.

Karena penerangan yang ada di KEK Mandalika seringkali hilang, Dishub tidak akan memasang LPJU jauh dari epicentrum MotoGP, tapi akan memasang 530 LPJU tersebut di sekitar perhelatan. “Tidak ada pilihan, kami akan pasang. Hitungan kami tidak terlalu jauh dari event. Kalau terlalu jauh nanti hilang lagi,” pungkasnya.(era)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut