spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisEks Bandara Selaparang akan Jadi Pusat UMKM

Eks Bandara Selaparang akan Jadi Pusat UMKM

Lombok (ekbisntb.com) – Pemerintah Kota Mataram telah meneken perjanjian kerjasama dengan PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok untuk pengelolaan eks Bandara Selaparang. Pembenahan mulai dilakukan untuk mempercantik kawasan tersebut. Marwah bandara di Jalan Adi Sucipto, Kelurahan Rembiga sebagai pusat perekonomian harus dibangkitkan.

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menerangkan, pasca diteken perjanjian kerjasama dengan PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok. Pemkot Mataram ingin membangkitkan kembali marwah bekas Bandara Selaparang sebagai pusat ekonomi masyarakat. Pasca penerbangan dipindahkan ke Kabupaten Lombok Tengah, pihaknya menginginkan pengelolaan bekas bandara di Rembiga itu diserahkan ke pemerintah daerah. “Kita ingin bangkitkan marwah eks Bandara Selaparang,” terangnya dikonfirmasi pada Jumat 13 September 2024.

- Iklan -

Bekas Bandara Selaparang diharapkan menjadi pusat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Matara. Selain itu, penyelenggaraan kegiatan juga akan diarahkan ke sana, sehingga tidak semua dipusatkan di Lapangan Sangkareang. Selain itu, pihaknya juga akan menawarkan ke perusahaan plat merah itu, agar pedagang di pinggir jalan di masukan ke dalam.

Sekda mengakui, secara rinci perjanjian kerjasama akan lebih didetailkan kembali dengan PT. Angkasa Pura I terutama jika pemanfaatan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) teknis. “Nanti OPD juga akan memiliki PKS dengan Angkasa Pura,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan mengaktifkan kembali penerangan jalan umum (PJU) di area parkir bandara supaya kawasan bekas bandara tidak terlihat gelap. Selanjutnya, secara bertahap pelaku UMKM akan diarahkan berjualan ke dalam area bandara. Upaya dilakukan pemerintah kata Sekda, diharapkan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. “Pemerintah tidak menarik biaya dulu. Setelah berkembang akan dipikirkan lagi selanjutnya,” ujarnya.

Walikota Mataram, Dr. H. Mohan Roliskana mengharapkan, pasca penandatangan perjanjian kerjasama akan dimulai dengan penataan di area depan Bandara Selaparang. Kawasan itu akan dipercantik sehingga memberikan kesan positif bagi masyarakat. Kemudian secara bertahap pelaku UMKM akan diarahkan berjualan ke dalam area bandara, sehingga aktifitas ekonomi berjalan dengan baik. (cem)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut