spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisMajukan Pariwisata NTB, BPPD Minta Masukan Pelaku Pariwisata dan Pemda Se NTB

Majukan Pariwisata NTB, BPPD Minta Masukan Pelaku Pariwisata dan Pemda Se NTB

Mataram (ekbisntb.com) – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB dan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB menggelar Rapat Konsolidasi dan Sinkronisasi Program Promosi Pariwisata Provinsi NTB di Hotel Lombok Astoria Mataram, Rabu, 31 Juli 2024. Kegiatan ini selain dihadiri pelaku industri pariwisata di NTB juga dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB, Dispar kabupaten/kota se NTB.

Rapat yang dibuka Kepala Dispar NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., mewakili Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin, mengingatkan kepada pelaku pariwisata dan juga pemerintah kabupaten/kota yang ada di daerah ini terkait dengan pagelaran sejumlah event internasional di NTB, khususnya MotoGP.

Selain itu, tambahnya, adanya kegiatan ini bisa menyamakan persepsi dari para pelaku pariwisata dan stakeholder yang ada di daerah ini, sehingga apa yang menjadi target tahun 2024 ini bisa tercapai. Jamaluddin menyebut, jika pada tahun 2024 ini, target kunjungan wisatawan ke NTB sebanyak 2,5 juta orang.

‘’Mudah-mudahan dengan dilantiknya pengurus BPPD yang baru ini, maka target wisatawan mancanegara dan Nusantara kita tahun 2024 ini 2,5 juta bisa terpenuhi. Tahun kemarin 2023 kita targetkan 2 juta. Alhamdulillah bisa 2,2 juta,’’ ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan dengan bertambahnya beberapa penerbangan ke NTB akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Apalagi, awal Agustus ini ada penambahan penerbangan dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) ke Kuala Lumpur menggunakan maskapai Batik Air.

Tidak hanya itu, tambahnya, pengurus BPPD NTB bersama jajaran industri pariwisata dan juga pemerintah kabupaten/kota terus meningkatkan sinergitas dalam membangun pariwisata. Termasuk melakukan promosi pariwisata dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara. ‘’Harapan kami bukan saja membiayai promosi dari APBD, tapi juga bisa mencari dana sendiri di luar APBD,’’ tambahnya.

Ketua BPPD Provinsi NTB Sahlan M. Saleh menegaskan komitmen pihaknya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini. Salah satu yang dilakukan adalah dengan berkoordinasi dengan industri pariwisata di NTB, kemudian akan melakukan road show ke pemerintah kabupaten/kota dengan tujuan menyerap aspirasi atau persoalan yang ada di masyarakat. Dari masukan yang diperoleh pihaknya menjadi dasar dalam mengambil kebijakan untuk mengembangkan promosi dan bersinergi, sehingga pariwisata NTB bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (ham)

Artikel Yang Relevan

Iklan









Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut