spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaKesehatanDokter Jack : Berharap Penyebaran Dokter Spesialis Merata Diseluruh RS di NTB

Dokter Jack : Berharap Penyebaran Dokter Spesialis Merata Diseluruh RS di NTB

Lombok (ekbisntb.com) – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB, dr. H. Lalu Herman Mahaputra, M. Kes., berharap penyebaran dokter spesialis di Provinsi NTB tidak hanya berada di satu rumah sakit saja, tetapi merata di seluruh rumah sakit yang ada di NTB.

“Jangan spesialis ini merujuk ke satu rumah sakit saja, harus menyebar. Kita butuh distribusi ke Bima, Dompu, Sumbawa, KSB, Lotim, KLU. Ndak boleh spesialis di satu tempat” ujarnya.

- Iklan -

Saat ini, kondisi Provinsi NTB kekurangan tenaga dokter spesialis. Banyak rumah sakit, khususnya yang berada di kabupaten tidak memiliki dokter yang spesial di bidangnya. Sehingga, permasalahan ini cukup mengganggu pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pun alokasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Provinsi NTB, formasi kesehatan untuk dokter spesialis dan sub spesialis dikatakan masih sedikit, yang mana hanya ada 11 alokasi untuk dokter sub spesialis dan 22 alokasi untuk dokter spesialis.

Direktur RSUD Provinsi yang kerap dipanggil dr. Jack ini mengharapkan adanya pemerataan dokter spesialis di seluruh rumah sakit NTB. Untuk itu, pihaknya menawarkan insentif bagi para dokter spesialis yang ingin bekerja di RSUD Kabupaten/Kota.

“Kalau dari saya ada insentif, tergantung dokter spesialis mayor dan minor,” lanjutnya.

Untuk meningkatkan jumlah dokter spesialis di NTB, dr.Jack mengatakan bahwa RSUD Provinsi NTB saat ini menjadi pusat pendidikan dokter spesialis di Provinsi ini. “Tahun ini RSUD sudah bisa menerima mahasiswa untuk masang ring jantung, tapi dengan satu syarat bahwa dia sudah lulus spesialis jantung,” sambungnya.

Kebutuhan NTB terkait dengan mahasiswa atau dokter spesialis jantung pemasang ring jantung saat ini ada tiga mahasiswa. Namun untuk tahap awal, RSUP NTB baru menerima dua orang mahasiswa.

“Nanti Januari baru tambah lagi,” katanya.

Ideal kebutuhan dokter spesialis di RSUP NTB minimal tiga dokter spesialis di setiap bidang, misalnya dokter spesialis jantung tiga, dokter spesialis anak tiga, begitupun bidang kesehatan yang lain. Namun, untuk saat ini, RSUP NTB belum memenuhi batas minimal tersebut.

“Kita belum, ada yang dua, ada yang satu, kebanyakan yang dua,” bebernya.

Jumlah ideal dokter spesialis yang harusnya ada di RSUP NTB sekitar 50 – 60 dokter. Karena RSUP NTB belum memenuhi kebutuhan tersebut, dr. Jack mengatakan saat ini, ada beberapa dokter yang masih sekolah spesialis, dan diperkirakan tahun depan jumlah dokter spesialis yang ada di RSUP NTB akan bertambah. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut