spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiKredit Tanpa Bunga “Harum Berseri” BPR NTB Disambut Antusias Pengurus Tempat Ibadah

Kredit Tanpa Bunga “Harum Berseri” BPR NTB Disambut Antusias Pengurus Tempat Ibadah

Lombok (ekbisntb.com) – Para pengurus tempat ibadah lintas agama menyambut antusias diluncurkannya kredit tanpa bunga pada program Harum Berseri di Kota Mataram.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Mataram telah meluncurkan program Harum Berseri, yaitu penyaluran kredit tanpa bunga kepada para pengurus tempat ibadah. Program yang diinisiasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB tak jauh beda dengan program Mawar Emas, atau melawan rentenir berbasis masjid yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir di NTB.

Harum Berseri di Kota Mataram pada tahap awal ini melibatkan dua bank, salah satunya Bank Perekonomian Rakyat (BPR) NTB.

Setelah secara resmi diluncurkan oleh Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana pada Jumat, 26 Juli 2024, terdapat dua kelompok pengurus tempat ibadah yang sudah mengajukan kredit tanpa bunga ini. satu kelompok terdiri dari 20 orang anggota. Atau total 40 orang yang sudah mengajukan.

Direktur Utama BPR NTB, Sudharmana bersama salah satu Direktur Kepatuhan, Zulkifli Hamdani menyebut, pada tahap awal ini, BPR NTB melalui dana Corporate Sosial Responsibility (CSR)nya menyiapkan Rp100 juta yang akan disalurkan kepada pengurus tempat ibadah melalui Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang menjadi mitra kerjasamanya.

“Ada dua cara untuk mendapatkan kredit ini. pertama bisa melalui MES, kedua bisa langsung ke BPR NTB,” katanya.

Sudharmana mengatakan, satu pengajuan diberikan plafond kredit senilai Rp1 juta. Dikembalikan setiap bulan selama sepuluh bulan tanpa bunga.

“Cukup hanya mengembalikan pokok kreditnya saja. Tidak ada bunga,” katanya.

Pengajuan kredit bisa dilakukan oleh pengurus masjid, pengurus gereja, dan pengurus pura. Modal awal Rp1 juta ini diharapkan dapat menjadi stimulus untuk melakukan kegiatan ekonomi. Sangat diharapkan, tidak digunakan hanya untuk kebutuhan konumsi.

Sementara itu, Zulkifli Hamdani menambahkan, kredit tanpa bunga Harum Berseri ini untuk tahap awal diberikan senilai Rp1 juta. Jika dalam perjalanan pengembaliannya tidak terjadi wan prestasi, pengajuan selanjutnya ditambah menjadi Rp2 juta.

“Bagi yang membutuhkan dana besar, bisa langsung ke bank. Kalau lancar, cukup menjadi modal menjadi bankable. Tidak diragukan lagi sama bank untuk mendapatkan kredit. Kredit tanpa bunga ini bisa menjadi catatan baik bagi nasabah untuk mendapatkan kredit yang lebih besar, dengan catatan kalau lancar,” katanya.

Untuk saat ini, BPR NTB fokus menyalurkan kredit Harum Berseri di Kota Mataram. Menyusul kabupaten kota lainnya dengan nama program yang berbeda.

“Ini juga menjadi bagian supaya masyarakat tidak memilih mendapatkan dana dari rentenir,” demikian Dani.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan









Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut