spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaNTBLombok TengahKegiatan di Mandalika Penyumbang Target Kunjungan Wisatawan di NTB

Kegiatan di Mandalika Penyumbang Target Kunjungan Wisatawan di NTB

Lombok (ekbisntb.com) – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan kegiatan sport tourism yang digelar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Sirkuit Mandalika merupakan salah satu penyumbang capaian target kunjungan wisatawan 2024 di daerah setempat.

“Semakin banyak kegiatan di Sirkuit Mandalika, kunjungan wisatawan juga akan meningkat, karena bisa mengundang orang datang di NTB,” kata Kepala Dispar NTB Jamaludin Malady di Lombok Tengah, Senin 21 Oktober 2024.

- Iklan -

Ia mengatakan berdasarkan data sementara penyumbang peningkatan kunjungan wisatawan di NTB itu masih didominasi sektor alam, budaya dan sport tourism yang digelar di Sirkuit Mandalika.

“Kenapa tidak wisata olahraga yang utama, karena kegiatan itu digelar sekali setahun seperti MotoGP,” katanya.

Ia mengatakan, kegiatan di Sirkuit Mandalika itu tidak hanya ajang MotoGP Indonesia, namun digelar Asia Road Racing Championship (ARRC), Mandalika Racing Series (MRS) dan ajang balap mobil.

“Ke depan kami berharap pihak ITDC tetap menggelar perlombaan di Sirkuit Mandalika yang dapat mengundang wisatawan untuk datang,” katanya.

Ia mengatakan target kunjungan wisatawan di NTB pada 2024 ini mencapai 2,5 juta wisatawan dan telah terealisasi sebanyak 2 juta lebih wisatawan yang telah datang ke NTB hingga September 2024.

Sedangkan untuk target kunjungan wisatawan di 2023 telah tercapai yakni 2 juta wisatawan.

“Artinya masih ada dua bulan lebih. Kami pastikan target kunjungan wisatawan bisa tercapai di 2024,” katanya.

Ia mengatakan konektivitas penerbangan saat ini cukup baik, sehingga target kunjungan wisatawan di NTB dapat tercapai sesuai dengan target.

“Masih banyak perlombaan yang digelar di akhir 2024 seperti musik dan kegiatan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia,” katanya.

Adapun destinasi wisata yang bisa dikunjungi di NTB di antaranya KEK Mandalika, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Gunung Rinjani, Sekotong, Pantai Pink dan Air terjun.

Kemudian di Pulau Sumbawa ada Pulau Moyo, Air Terjun Matajitu dan Gunung Tambora.

“Banyak tempat destinasi di NTB yang bisa dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara,” katanya. (ant)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut