spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPonpes Nurul Haramain Ditunjuk Mengembangkan Vanili Organik di NTB

Ponpes Nurul Haramain Ditunjuk Mengembangkan Vanili Organik di NTB

Giri Menang (Ekbis NTB) – Vanili menjadi salah satu komoditas pertanian, perkebunan yang sangat diminati di pasar luar. Salah satu negara dengan peminat vanili tertinggi adalah Amerika Serikat. Satu buyer (pembeli) saja membutuhkan setidaknya 70 ton vanili.

Hal ini disampaikan Ketua Budidaya Vanili Ponpes Nurul Haramain, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Lalu. Dahlan. Ia mengatakan dari 70 ton vanili yang diminta, tak sampai 10 ton yang bisa dipenuhi.

- Iklan -

“BI mengirim orang untuk mencari buyer ke Amerika, ternyata di Amerika banyak buyer itu. Satu buyer saja membutuhkan 70 ton vanili, ternyata yang bisa di pasok menurut BI tak sampai 10 ton,” ungkap Lalu Dahlan, Sabtu 20 April 2024.

Nurul Haramain kini dijadikan sebagai pemasok vanili terverifikasi Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik (Balittro).

“Karena vanili yang di NTB dianggap banyak yang belum tersertifikasi oleh Balitro, sehingga kami diberikan bibit dari Balitro itu 6.500 untuk dibudidayakan di ponpes untuk di sebar di petani NTB,” lanjutnya.

Bank Indonesia dan Balai Standardisasi Pertanian (BSIP) bersama dengan Balittro mencoba untuk mengembangkan lebih luas budidaya vanili bersertifikat Balitro. Dan bertekad menjadikan NTB menjadi daerah eksportir vanili nomor satu di Indonesia.(era)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini