spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPelaku Usaha Pariwisata Berharap, Garuda Indonesia Jadi Jalan Tengah Tingginya Harga Tiket...

Pelaku Usaha Pariwisata Berharap, Garuda Indonesia Jadi Jalan Tengah Tingginya Harga Tiket Pesawat ke Lombok

Mataram (EKbis NTB) – Harga tiket pesawat masih menjadi persoalan sektor pariwisata, khususnya NTB. Berbagai upaya promosi dilakukan untuk meningkatkan kunjungan masih terkendala oleh tingginya harga layanan maskapai penerbangan ini.
Pelaku perjalanan wisata berharap agar pemerintah melakukan intervensi harga tiket pesawat di pasaran melalui maskapai penerbangan pelat merah.
Ketua Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) NTB, Sahlan M Saleh, Jumat 3 Mei 2024 mengatakan, maskapai pemerintah dibawah naungan BUMN (Garuda Indonesia) bisa menjadi jalan tengah untuk mengurai terjadinya monopoli oleh maskapai tertentu.
“Untuk menurunkan harga tiket dari maskapai swasta agak sulit diintervensi. Untuk itu diharapkan pemerintah pusat dan daerah bisa komunikasikan dengan maskapai agar menurunkan harga tiket pesawatnya. Misalnya, kita turunkan saja harga (tiket pesawat) Garuda yang punyanya pemerintah. Harus turunkan harga tiket pesawat. Ini masyarakat, pariwisata sudah menjerit – jerit,” ungkapnya.
Sahlan menyebut harga tiket penerbangan domestik terbilang mahal sampai saat ini, sehingga muncul fenomena wisatawan domestik lebih memilih berwisata ke luar negeri. Seperti ke Singapur, Malaysia dan Thailand. Ketimbang berwisata di dalam negeri.
Bahkan menurut Sahlan, wisatawan yang akan datang ke Lombok, Labuan Bajo NTT atau Raja Empat Papua lebih memilih berwisata ke negara-negara seperti Jepang dan Korea. Disamping sebagai alternatif pilihan untuk berwisata, mereka juga mendapat melihat keindahan yang tidak ada di Indonesia.
“Harga tiket kita menurut wisatawan jauh lebih mahal dari pada ke luar negeri. Katakan saja ke Singapur, Malaysia, Thailand. Mereka bisa mendapatkan tiket retrun Rp1 juta saja. Sementara kita, oneway (sekali jalan) di dalam negeri saja belum tentu dapat Rp1 juta,” terangnya.
Menurutnya, persoalan ini bagian dari kendala dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB khususnya. Astindo sangat mengeluhkan harga tiket yang menurut masyarakat sangat mahal dibanding keluar negeri.
“Di Lombok ini kita berjuang promosi sekuat tenaga, tetapi ujungnya untuk aksesibilitinya butuh biaya yang tinggi. Sehingga itu jadi penghambat,” ucapnya.
Lanjut Sahlan, disisi lain subsidi penerbangan dari pemerintah tidak bisa berharap banyak. Kecuali subsidi tiket pesawat dilakukan dalam jangka pendek, masih memungkinkan. Untuk jangka panjang, menurutnya, sangat tidak memungkinkan. Karena pembiayaanya menjadi cukup mahal.
NTB memiliki satu dari lima destinasi wisata super perioritas, yaitu, KEK Mandalika. Namun sayangnya, harga tiket pesawat dari dan ke Lombok masih tinggi. Sehingga tak jarang, tamu atau wisatawan domestic maupun mancanegara lebih memilih ke Bali, baru kemudian menggunakan kapal cepat ke Lombok.
“Karena itu, Harusnya ada perintah langsung atau mengeluarkan regulasi yang menyarankan maskapai untuk memberikan harga tiket pesawat domestik ini diturunkan. Atau dari pihak BUMN kita, Angkasa Pura menurunkan kompenen-kompenen biaya, supaya kunjungan atau penumpang pesawat kita lebih banyak,” tandasnya.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini