spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisHarga Bawang Merah Melonjak

Harga Bawang Merah Melonjak

Mataram (Ekbis NTB) – Sejumlah komoditi mengalami kenaikan. Salah satunya, harga bawang merah mulai melonjak. Lonjakan harga salah satu bumbu dapur ini, dikeluhkan masyarakat.

Ros, seorang ibu rumah tangga mengeluhkan kenaikan harga bawang merah tersebut. Sebelumnya, ia membeli bumbu dapur tersebut seharga Rp29.000 per kilogram. Saat ini, melonjak drastis menjadi Rp60.000 per kilogra. “Dari lebaran sampai sekarang masih mahal. Kapan turunnya harga bahan-bahan ini,” katanya mengeluh ditemui pada, Jumat 19 April 2024.

Penggunaan bawang merah sangat penting untuk bahan masakan. Menurutnya, tidak ada alternatif menggantikan bumbu dapur tersebut, dengan bahan masakan lainnya. Jika dipaksakan diganti akan mengubah rasa.

Meskipun harga mahal, ia terpaksa mengurangi porsi pembelian dari sebelumnya setengah kilogram menjadi seperempat kilogram. “Gak bisa diganti, nanti rasa makanannya beda. Paling tetap beli atau diakalin pakai bawang bombay atau daun bawang,” tambahnya.

Warga lainnya, Silvi Gedo mengeluhkan hal yang sama. Lonjakan harga bahan pangan, ini dinilai tidak wajar. Kondisi ini akan berdampak bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah. “Keterlaluan sih. Kan masak harus ada bawang.” Ucapnya.

Ditemui terpisah, Nurmasnyah, salah satu pedagang di Pasar Kebon Roek menjelaskan, kenaikan harga bawang merah disebabkan pengiriman bawang untuk memenuhi di Pulau Jawa. Hal ini menyebabkan stok bawang merah di Mataram, kosong dan mempengaruhi lonjakan harga. “Pengepul dari Jawa langsung ke Bima. Mereka berani beli mahal, makanya stok di sini (Mataram,red) kosong,” terangnya.

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah ini, sejak dua pekan lalu. Di satu sisi, kenaikan harga juga disebabkan jumlah permintaan bawang merah menjelang lebaran meningkat dari hari biasanya. (glo)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini