spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaBantuan Beras Bulan April untuk NTB Mulai Disalurkan

Bantuan Beras Bulan April untuk NTB Mulai Disalurkan

Mataram (Ekbis NTB) – Bantuan Pangan (Bapang) dalam bentuk beras untuk jatah bulan April mulai disalurkan kembali di Provinsi NTB. Tiga kabupaten/kota sudah menyalurkan, menyusul persiapan penyaluran di kabupaten/kota lainnya.

Pimpinan Wilayan (Pimwil) Perum Bulog NTB, Raden Guna Dharma di Mataram, Kamis 16 Mei 2024 menyampaikan, sudah 28,17 persen Bapang disalurkan pada posisi 15 Mei 2024. Kabupaten yang sudah menyalurkan. DIantaranya ada Kabupaten Lombok Timur baru mencapai 88,55 persen dengan Keluarga penerima Manfaat (KPM) 155.769.

Disusul Kabupaten Dompu penyalurannya sudah mencapai 100 persen dengan KPM 27.739. Kemudian Kabupaten Bima mencapai 100 persen dengan 15.444 KPM.

“Yang belum-belum ini masih sedang proses, pekan depan Mataram sudah mulai menyalurkan,” ungkapnya.

Secara total, jelas Awang, panggilan akrabnya, Pagu Kota Mataram sebanyak 38.203 KPM. Lombok Barat 91.868 KPM. Lombok Utara 39.912 KPM. Lombok Tengah 154.127 KPM. Sementara Kabupaten Sumbawa 49.581 KPM. Sumbawa Barat 13.859 KPM. Dan Kabupaten Bima 57.471 KPM.

Awang menegaskan kembali, Presiden menugaskan kembali kepada Badan Pangan Nasional dan Bulog untuk menyalurkan beras Bantuan Pangan di Tahun 2024.

Untuk penyaluran Tahap I dilakukan pada bulan Januari, Februari dan Maret 2024 dan penyaluran Tahap II dilakukan untuk bulan April, Mei dan Juni 2024. Masing-masing penerima mendapatkan beras sebanyak 10 Kg/bulan atau selama 6 bulan alokasi penyaluran sebanyak (60 Kg) dan gratis tanpa bayar. Kualitas beras yang diterima adalah beras medium dalam kemasan.

Tujuan disalurkannya Bapang oleh pemerintah adalah untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sekaligus sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga.

Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi NTB, H. Abdul Azis, SH.,MH bantuan pangan disalurkan kepada masyarakat dipastikan kualitasnya baik. Bapang menurutnya sangat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah penyaluran baik, masyarakat penerima manfaat juga sangat terbantu dengan ini. Selain itu, bapang ini bisa berdampak pada pengendalian inflasi,” ujarnya.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini