spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiHarga Bapok di Lotim Terkendali Jelang Idul Adha 1445 H

Harga Bapok di Lotim Terkendali Jelang Idul Adha 1445 H

Selong (ekbisntb.com)-Menjelang hari raya Idul Adha 1445 Hijriah yang akan jatuh pada Senin, 17 Juni 2024, harga bahan pokok (Bapok) di pasaran Kabupaten Lombok Timur (Lotim) masih terpantau stabil. Meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, namun kenaikan tersebut tidak signifikan dan masih dalam kategori aman.

Demikian penjelasan Kepala Bidang Bahan Pokok Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan Lotim, Saiful Wathoni, Kamis kemarin. “Biasanya, menjelang perayaan hari besar keagamaan, harga bahan ppkok memamg cenderung mengalami kenaikan yang cukup tinggi, tapi hingga saat ini harga bahan pokok masih terkendali,” ucapnya.

Kenaikan harga Bapok ini masih pada kisaran yang terjangkau. Yakni antara Rp1.000-2.000. Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya adalah daging ayam ras, bawang merah, dan cabai. Kenaikan ini masih dalam kategori wajar karena harganya tidak melonjak drastis seperti biasanya menjelang perayaan besar.

“Semua masih normal dan tersedia cukup,’ sebutnya. Meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, tapi ada juga yang turun.

Sementara itu, harga daging sapi tetap stabil di angka Rp110.000 per kilogram. Meskipun demikian, belum dapat dipastikan apakah harga daging sapi akan mengalami kenaikan mendekati hari raya Idul Adha. Harapannya tidak mengalami kenaikan lagi. “Pun kalau ada kenaikan kita minta ke pedagang agar masih pada taraf kewajaran,” pungkas Saiful.

Dengan kondisi harga bahan pokok yang terkendali, masyarakat diharapkan bisa mempersiapkan kebutuhan hari raya Idul Adha dengan lebih tenang. Pemerintah terus memantau perkembangan harga di pasaran agar tidak terjadi lonjakan yang merugikan konsumen. (rus)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini