spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisDitemukan Masih Beredar, SPBE di Lobar Diminta Tarik Tabung Elpiji Subisidi Kurang Layak

Ditemukan Masih Beredar, SPBE di Lobar Diminta Tarik Tabung Elpiji Subisidi Kurang Layak

Giri Menang (ekbisntb.com) – Sejumlah tabung gas elpiji subisidi 3 kilogram yang tak layak masih ditemukan beredar di wilayah Lombok Barat (Lobar). Atas temuan itu, Tim Pengawasan (Timwas) Disperindag Lobar pun meminta agar pihak terkait baik itu agen, pangkalan hingga SPBE menarik tabung tersebut.

Timwas meneruskan pengecekan SPBE untuk memastikan takaran tabung gas elpiji. Kali ini, tim turun ke SPBE di wilayah Lembar. Di SPBE tersebut Timwas menemukan tidak ada tabung yang kurang takaran 3 kilogram. Namun ditemukan beberapa tabung yang sudah kurang layak masih dipakai.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Lobar H. Maksum mengatakan, pihak manajemen harus terus berkoordinasi dengan dinas dalam mengontrol serta mengawasi takaran. Dari hasil pengecekan, takaran sesuai bahkan lebih dari 3 kilogram. “Kita mengecek kondisi tabung, takaran. Dari takaran tidak ada yang kurang, tapi kondisi tabung beberapa perlu diganti,” katanya.

Dalam hal ini, harapnya, jika ada tabung tak sesuai atau kurang layak, harus segera diganti agar jangan lagi dimanfaatkan. Sebab kalau masyarakat awam memakai, lalu terjadi bahaya. Hal ini harus diantisipasi. “Sebaiknya kalau ada tabung rusak, atau tidak layak mestinya tidak dipakai, perlu diperbaiki, kalau sama sekali tak layak, maka perlu diganti. Itu saran kami ke pihak manajemen,” tegasnya.

Sementara itu, pihak pengelola SPBE merespon baik adanya pengecekan Timwas Disperindag untuk memantau kualitas isi. Hal ini sangat membantu dalam hal pengawasan bersama, sebab pihak manajemen sebagai penyalur Pertamina butuh support dari Disperindag.

Terkait kondisi tabung, telah melalui proses sortir dan tabung akan dilaporkan dan diperbaiki dulu di BPT sebelum ke SPBE, sehingga tabung yang dipakai sesuai standar dan layak pakai.  (her)

Artikel lainnya….

Menjanjikan, Petani Lebih Pilih Tanam Tembakau Rajang

Destinasi Wisata Halal Islamic Center Targetkan 50 Ribu Kunjungan Wisatawan

Pantai Narapidana, Destinasi yang Wajib Disinggahi di Lotim

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini