spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaMenhub: Tiga Hal Besar Dilakukan Demi Perbaikan Angkutan Mudik di 2025

Menhub: Tiga Hal Besar Dilakukan Demi Perbaikan Angkutan Mudik di 2025

Jakarta (ekbisntb.com)-Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan tiga hal besar sebagai upaya berbaikan angkutan mudik di tahun 2025, sehingga bisa lebih baik dari tahun 2024.

“Untuk diketahui, ada tiga hal besar yang akan dilakukan. Pertama, menambah jumlah rest area di banyak tempat,” kata Menhub di sela Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Tahun 2024, di Jakarta, Rabu.

Menhub menyebutkan, hal kedua yang bakal dilakukan yakni merevitalisasi Pelabuhan Bojonegara di Kabupaten Serang, Banten.

“Dimana Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) setuju untuk membuat akses jalan masuk sehingga truk tidak langsung menuju ke Merak,” ujar Menhub.

Kemudian, hal ketiga yang bakal dilakukan Kemenhub yakni pemanfaatan on board unit (OBU) yang merupakan satu mekanisme pembayaran tol otomatis, di mana kendaraan bisa langsung lewat tanpa harus berhenti di gerbang tol.

“Saya berterima kasih kepada Pak Menteri Basuki (Menteri PUPR) yang sudah banyak membantu dalam merealisasikan kemajuan sektor transportasi ini,” ungkap Menhub.

Menhub juga sempat menyampaikan keberhasilan penyelenggaraan mudik yang telah dilaksanakan pada tahun 2024.

Kata Menhub, keberhasilan ini tak lepas dari kerja sama berbagai pihak, mulai dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Kesehatan, Korps Lalu Lintas Polri, PT Jasa Raharja, PT Jasa Marga, PT ASDP Indonesia Ferry, serta PT Dharma Lautan Utama.

Dia menyebutkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap mudik terus meningkat dari tahun ke tahun. Pasalnya, pada tahun 2023, tingkat kepuasan masyarakat berada di angka 89 persen, tahun ini naik menjadi 90,5 persen.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran arus mudik dan semoga kita bisa terus bersinergi untuk sektor transportasi di dalam negeri,” jelas Menhub.

Menhub menambahkan, Presiden Jokowi secara intens melakukan pemantauan dan memberikan pengarahan terkait penyelenggaraan arus mudik kepada Kemenhub dan pemangku kepentingan lainnya, terutama Kementerian PUPR.

“Alhasil, dari evaluasi dan rapat yang telah dilakukan bersama, tercetus tiga hal strategis yang diklaim mampu mendongkrak tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan arus mudik di masa yang akan datang. Tiga hal itu, adalah tiga hal besar tadi yang akan kami lakukan,” kata Menhub.

Dalam rapat itu, Menhub juga berharap agar peserta rakornis dapat merumuskan langkah-langkah strategis dan konkret untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas transportasi darat di Indonesia.

“Mari jadikan momen ini sebagai ajang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi, yang dapat diterapkan di lapangan,” tutup Menhub.

Dalam kesempatan itu, Menhub juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran 2024.

Beberapa yang menerima penghargaan, di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, PT Jasa Raharja, PT Jasa Marga, PT ASDP Indonesia Ferry, dan PT Dharma Lautan Utama. (ant)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut