spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaEkspor Tuna ke AS, Angin Segar Bagi Nelayan Dompu

Ekspor Tuna ke AS, Angin Segar Bagi Nelayan Dompu

Dompu (ekbisntb.com) – Kabupaten Dompu memiliki potensi ikan Tuna cukup besar yang tersebar di perairan Teluk Cempi dan Teluk Sanggar. Ikan Tuna hasil tangkapan nelayan selama ini banyak dikirim ke Bali. Belakangan ini, harga di tingkat nelayan merosot hingga Rp28 ribu per kg dari biasanya Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg.

Kehadiran PT High Point Fisheries (HPF) di Desa Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur yang mengolah tuna menjadi olahan tuna beku berkualitas ekspor seperti Saku, Loin, Chunk, Cube Cut , dan Ground akan berdampak bagi nelayan di wilayah Kabupaten Dompu.

“Tentu ini sangat menggembirakan bagi para nelayan penangkap tuna di Dompu. Kami berharap bisa mendongkrak harga pembelian di tingkat nelayan yang saat ini mengalami fluktuatif dan tergolong rendah,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Amiruddin kepada saat dikonfirmasi, Senin 10 Juni 2024.

Saat ini, kata Amiruddin, harga ikan tuna di tingkat nelayan turun drastis hingga Rp28 ribu per kg dari biasanya antara Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg. Akibatnya, para nelayan di perairan teluk Sanggar Kecamatan Kilo mengalihkan tangkapan ke jenis ikan dasar.

Dikatakan Amiruddin, ikan hasil tangkapan nelayan langsung diambil pengepul dan dibawa ke Bali. Nelayan penangkap ikan tuna kebanyakan berasal dari Sulawesi. Tidak sedikit juga nelayan asal Dompu yang mulai menangkap ikan tuna.

Karena ikan tuna memiliki musim sesuai masa migrasinya. Area migrasi ikan tuna di Dompu berada selatan teluk Cempi dan di sekitar area teluk Sanggar. Sehingga para nelayan dari luar, rata- rata menyandar di wilayah Soro Adu Desa Jambu Kecamatan Pajo. Ada juga yang menyandar di Dusun Finis Desa Hu’u Kecamatan Hu’u. Sementara yang menangkap sekitar area teluk Sanggar, langsung menyandar di Kilo. (ula)

Artikel lainnya….

Penyelenggaraan MXGP di Mataram Diizinkan

Hasil RUPS-LB, Jamkrida NTB Konversi Penuh ke Syariah

Investor Jepang Tandatangani Rencana Investasi PLTS 20 Megawatt di Lombok

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini