spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaMinggu, Kick Off TTG Nusantara Ke XXV di NTB

Minggu, Kick Off TTG Nusantara Ke XXV di NTB

Mataram (ekbisntb.com) – Persiapan pelaksanaan Teknologi Tepat Guna (TTG) Nusantara ke XXV di Kota Mataram, Provinsi NTB siap digelar. TTG Nusantara ke XXV ini diawali dengan Kick Off yang dirangkai dengan Peringatan Hari Koperasi ke 77 dan Spectaxcular Hari Pajak 2024 yang bertepatan dengan Car Free Day di Jalan Udayana Kota Mataram, Minggu, 15 Juli 2024.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (DPMPD-Dukcapil) Provinsi NTB, Ahmad Nur Aulia, S.STP., menjelaskan, Kick Off TTG Nusantara ke XXV ini akan dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin dan bersama pejabat lainnya, khususnya dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes, PDTT).

- Iklan -

Sementara pada Minggu malam, tambahnya, dilanjutkan dengan acara Welcome Dinner yang digelar di Dapoer Sasak. Pada acara ini, Menteri Desa, PDTT dijadwalkan hadir bersama perwakilan pemerintah daerah dari seluruh Indonesia yang hadir.

‘’Pada malamnya ada Welcome Dinner ‘’Malam Pejuang Inovasi’’ ada penyambutan dengan menampilkan Tari Gandrung. Dirangkai juga dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang Lomba TTG Tingkat Provinsi NTB oleh Bapak Penjabat Gubernur NTB,’’ terangnya, Jumat 12 Juli 2024.

Sementara mengenai lokasi TTG Nasional ini digelar di Islamic Center, Bank NTB Syariah dan Teras Udayana. Pembukaan TTG Nasional ini akan dibuka oleh Menteri Desa dan PDTT Abdul Halim Iskandar di Islamic Center pada hari Senin 15 Juli 2024 yang dilanjutkan dengan seminar internasional yang akan dilaksanakan di ballroom Bank NTB Syariah.

Pada pembukaan ini akan dirangkai dengan penyerahan penghargaan pemenang Gelar TTG Nusantara ke XXV dan penyerahan hadiah pada pemenang penulisan Best Paper serta penandatanganan perjanjian kerja sama antara GPI, BRIN dan BPJSK.

‘’Setelah itu, Pameran Expo Dibuka, Bazar UMKM juga dibuka. Hari Selasa ada temu bisnis dan lokakarya, sinergitas TTG ini. Setelah itu ada pertunjukan seni dan budaya. Nanti sampai pada tanggal 17 malam akan dilakukan penutupan,’’ terangnya.

Menurutnya, NTB mengikuti 3 kategori lomba TTG tingkat nasional, yakni, Alat Pengendali Hama Tanaman Padi Siang-Malam (PHP – Si Alam), Kabupaten Sumbawa Barat untuk Kategori Inovasi TTG. Selain itu, ada APorit (Alat Penabur Kaporit) Sarana Air Bersih, Kota Bima, untuk Kategori TTG Unggulan serta Posyantek Selaparang Kota Mataram, untuk Kategori Posyantek Desa/Kelurahan Berprestasi.

‘’Dari ketiga wakil Provinsi NTB tersebut, 2 (dua) diantaranya terpilih menjadi terbaik tingkat nasional, yakni Alat Pengendali Hama Tanaman Padi Siang-Malam (PHP – Si Alam), Kabupaten Sumbawa Barat, dan APorit (Alat Penabur Kaporit) Sarana Air Bersih, Kota Bima,’’ terangnya. (ham)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut