spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisPHRI NTB : 21.000 Kamar Hotel Lombok Ludes Saat MotoGP 2024

PHRI NTB : 21.000 Kamar Hotel Lombok Ludes Saat MotoGP 2024

Mataram (ekbisntb.com)-Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, Ni Ketut Wolini memastikan sebanyak 21.000 kamar hotel yang ada di Lombok ludes dipesan saat penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika, September 2024 ini.

“Kamar kita di Lombok sekitar 21.000, itu pasti habis karena kan MotoGP punya peminat yang sudah maniak,” ujarnya.

- Iklan -

Kendati demikian, harga kamar hotel menurutnya tetap mengacu pada peraturan gubernur yang dibuat pada tahun 2022 lalu. Yang mana untuk zona I (kawasan Mandalika), kenaiikan tarif kamar hotel diperbolehkan tiga kali lipat. Zona II (hotel di Kota Mataram) dua kali lipat, dan zona III (Senggigi dan Lombok Utara) satu kali lipat.

Ia melanjutkan bahwa pihak hotel bebas kapan saja menaikkan harga kamar hotel, asalkan saat perhelatan baik itu nasional maupun internasional yang berlangsung di daerah ini. agar pelaku usaha perhotelan mendapatkan manfaat dari hadirnya KEK Mandalika dan event-event yang dilaksanakan di dalamnya.

“Setiap ada perhelatan itu boleh naikkan (tarif) kapan saja,” ujarnya.

Kenaikan harga ini, lanjut Wolini, juga akan mengikuti pasar. Saat ada perhelatan internasional, pasti permintaan wisatawan akan membludak. Pun menurutnya, setelah ajang MotoGP selesai, wisatawan biasanya langsung memesan kamar hotel untuk digunakan di tahun berikutnya saat perhelatan MotoGP kembali diselenggarakan.

“Setelah MotoGP dia langsung booking hotel lagi. Begitu polanya,” lanjutnya.

Sementara itu, PHRI NTB juga menyorot mahalnya harga tiket pesawat menuju NTB, menurutnya dengan tingginya harga tiket pesawat ke BIZAM seperti sekarang, tentu akan berpengaruh pada jumlah kunjungan wisatawan. Oleh karenanya, ia meminta pihak pemerintah hadir untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Tidak hanya menekan harga tiket pesawat, PHRI juga meminta jalur penerbangan lebih diperbanyak. Dengan terbukanya jalur-jalur penerbangan menuju NTB, tentu membawa wisatawan mampir atau datang sendiri ke Bumi Gora. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan







Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut