spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPonpes Nurul Haramain Diminta Ekspor Kangkung Lombok ke Dubai dan Jepang

Ponpes Nurul Haramain Diminta Ekspor Kangkung Lombok ke Dubai dan Jepang

Giri Menang (Ekbis NTB) – Kangkung Lombok menjadi salah satu komoditas pertanian yang diminati banyak pasar dalam negeri, hingga mancanegara. Salah satu negara dengan buyer pemesan kangkung Lombok adalah Dubai.

Ketua Budidaya Hasil Pertanian Perkebunan Ponpes Nurul Haramain, H Ahmad Dahlan S.H. Ia menyampaikan banyaknya permintaan kangkung ke luar daerah pun luar negeri.

- Iklan -

“Ekspor sebenarnya banyak permintaan, Dubai minta, Jepang juga minta, tapi ekspor harus terjamin produksinya, karena kita juga sambil belajar, stok kita masih sedikit, kita belum iyakan,” katanya Kamis 25 Aparil 2024.

Ia melanjutkan bahwa saat ini, permintaan Kangkung Nurul Haramain cukup tinggi di pasar lokal.

“Pasar lokal sendiri kita belum bisa masok, masih kekurangan, sehingga ini sesungguhnya potensi besar yang harus dikembangkan oleh pemerintah,” lanjutnya.

Dahlan mengatakan bahwa rata-rata petani kangkung di Lombok hanya mengelola tanah sekitar setengah hektar. sehingga volume produksi belum masuk standar ekspor.

Sebelumnya, Nurul Haramain hanya mengirim kangkung ke luar daerah seperti Bali. Sampai dengan saat ini permintaan kangkung Lombok dari Bali masih sangat tinggi.

Dahlan mengatakan, kangkung Lombok menjadi komoditas pertanian yang sangat menjual, sehingga perlu perhatian pemerintah untuk membantu mengembangkan dan melakukan ekspor baik keluar daerah maupun keluar negeri.

“Ini panjang prosesnya, kita berkaitan dengan Karantina, mungkin brand dan segalanya, permintaan luar negeri yang model bagaimana, masuk gak standar ekspor. Jadi masih panjang, tapi ini peluang, mungkin tidak saat ini kita tangkap, namun kedepan besar potensinya,”jelasnya. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan







Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini