spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaEkonomiBaznas NTB Salurkan Rp3,5 Miliar Untuk GTT dan Siswa Berprestasi

Baznas NTB Salurkan Rp3,5 Miliar Untuk GTT dan Siswa Berprestasi

Mataram (ekbisntb.com) – Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (Baznas) NTB menyalurkan Rp3,5 miliar untuk Guru Tidak Tetap (GTT) dan siswa berprestasi yang ada di provinsi ini.

Rp1,7 miliar diberikan kepada sebanyak 3.400 GTT yang ada di NTB, dan Rp1,8 miliar diberikan kepada 4.500 orang siswa berprestasi kurang mampu.

- Iklan -

Pj Gubernur Provinsi NTB, Mayjen (Purn) Hassanudin sangat mengapresiasi dan bersyukur dengan program Baznas ini. Menurutnya, bantuan pendidikan sangat strategis dalam membantu mensejahterakan masyarakat.

“Saya sangat bersyukur bahwa Baznas ini adalah mitra yang produktif dalam rangka sama-sama menuju mensejahterakan masyarakat kita,” ujarnya.

Ia berharap adanya bantuan beasiswa Baznas NTB Cerdas ini mampu mendorong dan menberikan motivasi kepada guru untuk terus berupaya mencerdaskan bangsa karena pendidikan adalah investasi untuk menuju Indonesia emas kedepannya.

“Ini sangat membantu, mudah-mudahan ini menjadi motivasi. Guru-guru ini adalah pahlawan tanpa jasa yang bekerja sangat krusial bagi kita dan guru ini adalah investasi generasi, dan anak-anak investasi bagi Nusa Tenggara Barat,” lanjutnya.

Mantan Penjabat Gubernur Sumatera Utara ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat NTB untuk terus berzakat untuk membantu sesama, apalagi penduduk NTB mayoritas muslim sehingga menunaikan zakat menjadi salah satu anjuran dalam agama Islam.

Ketua Baznas NTB, Dr. TGH. Muhammad Said mengatakan hal senada, bahwa bantuan beasiswa Baznas NTB Cerdas ini menjadi salah satu program tahunan untuk membantu para guru dan siswa berprestasi yang kurang mampu.

Fokus utama bantuan Baznas NTB Cerdas tahun ini mengarah kepada sekolah-sekolah negeri, hal ini karena sekolah negeri lah yang memberikan zakatnya kepada Baznas NTB.

Meski demikian, sekolah swasta juga masuk dalam bantuan beasiswa Baznas, apalagi mulai banyak GTT mengajar di sekolah swasta. Namun, Said berharap bagi sekolah swasta yang ingin menerima bantuan beasiswa Baznas, diharapkan juga untuk berkontribusi memberikan zakatnya kepada Baznas.

“Sekolah-sekolah negeri ini berzakatnya ke Baznas, kalau sekolah swasta kan banyak juga GTT nya, kita berikan kepada mereka, tapi sekarang kita minta kepada sekolah-sekolah, Ponpes dan sebagainya yang mau menerima bantuan ini, dia juga berkontribusi ke Baznas,” ujarnya.

Adapun jumlah bantuan beasiswa Baznas NTB cerdas ini diberikan sebanyak Rp400 ribu per siswa, dan untuk guru sebanyak Rp600 ribu. Adapula bantuan lainnya yang akan disalurkan oleh Baznas yaitu bantuan penelitian mahasiswa sejumlah Rp2,4 miliar ditujukan kepada 1.984 orang mahasiswa, bantuan study luar negeri senilai Rp1,8 miliar untuk 385 orang.

Lebih lanjut, Said mengatakan setiap tahunnya permintaan bantuan beasiswa dari sekolah-sekolah ini semakin meningkat. Sehingga pihaknya meminta untuk sekolah selalu mengupdate data penerima bantuan.

“Diajukan, kita minta datanya dari sekolah, kemudian di Dikbud diserahkan ke kita,” tutupnya. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan







Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut