spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisEvent Balap Otomotif, Sirkuit Mandalika Banjir Pesanan

Event Balap Otomotif, Sirkuit Mandalika Banjir Pesanan

Praya (Ekbis NTB) – Keberhasilan menggelar ajang balap dunia sejak 2022 lalu membawa berkah tersendiri bagi Pertamina Mandalika International Circuit yang saat ini telah menjadi salah satu destinasi sport tourism yang paling diminati di Indonesia. Terbukti dengan telah dan bakal hadirnya sejumlah event otomotif selama tahun 2024 ini dari yang skala regional hingga internasional.

PT. Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney – Holding BUMN Pariwisata InJourney Tourism Development Corporation (ITDC mencatat total sirkuit Mandalika sudah dipesan selama 200 hari selama tahun 2024 ini untuk gelaran berbagai ajang otomotif, baik itu ajang balapan maupun event otomotif lainnya.

“Dan, tidak hanya digunakan sebagai ajang balap motor roda dua saja. Namun juga untuk ajang balapan roda empat,” terang Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, dalam keterangannya, Rabu 24 April 2024.

Beberapa ajang balap dunia yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika selain MotoGP, ada juga Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC). Terdekat ada ajang Japan Domestic Market (JDM) Funday pada tanggal 28 April – 1 Mei 2024 mendatang. Ajang adu cepat mobil-mobil pabrikan Jepang dengan sistem time attack tersebut hadir untuk pertama kalinya di Sirkuit Mandalika setelah enam tahun yang lalu sempat digelar di Sirkuit Sentul Jakarta.

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika juga sukses menggelar ajang Porsche Sprint Challenge Indonesia. Ajang yang dibakal menjadi signature events di Sirkuit Mandalika ke depannya.

Hadirnya berbagai event otomotif tersebut sebagai wujud nyata komitmen pihaknya dalam menggali potensi dan memperkuat posisi Sirkuit Mandalika serta kawasan The Mandalika secara lebih luas sebagai sport and entertainment tourism yang berkesinambungan. Dengan begitu ke depan sirkuit Mandalika bisa benar-benar menjadi bagian dari country branding sekaligus bisa memberikan multiplier effects bagi masyarakat di daerah ini. Dengan menjadikan sirkuit Mandalika sebagai magnet utama pariwisata yang inklusif di kawasan The Mandalika.

“Itulah kenapa kemudian Sirkuit Mandalika dibuka dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Sehingga pengunjung bisa datang dan merasakan sensasi Sirkuit Mandalika melalui berbagai program yang telah disiapkan. Seperti Community Track Experience, Mandalika Drift, dan sebagainya,” ujar Maya.

Penggiat Otomotif Nasional Rifat Sungkar, memberikan apresiasi atas beragam kegiatan otomotif yang digelar InJourney Group. Dalam hal ini ITDC dan MGPA sebagai pengelola sirkuit Mandalika, dengan mitranya. Banyaknya event yang digelar di Sirkuit Mandalika menunjukkan bahwa sirkuit Mandalika sudah menjadi tuan rumah sekaligus surga bagi penggiat otomotif. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri.

Ia pun mengaku kalau Sirkuit Mandalika merupakan salah satu sirkuit terbaik di dunia yang pernah dikunjungi. “Saya yang telah mengelilingi banyak sirkuit di dunia, dan Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit terbaik di dunia dengan keindahannya,” pungkas mantan pembalap nasional ini. (kir)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini