spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaSMS Bertekad Akan Menjadikan Dompu sebagai Sentra Gula NTB dan Indonesia Timur

SMS Bertekad Akan Menjadikan Dompu sebagai Sentra Gula NTB dan Indonesia Timur

Dompu (ekbisntb.com) – PT. Sukses Mantap Sejahtera (PT. SMS) mengadakan acara “Buka Giling” pada hari Kamis, 20 Juni 2024, di Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tempat perusahaan berada. Acara Buka Giling ke sembilan ini bertema “Dengan Semangat Kolaborasi dan Kemitraan, Mari Menjadikan Dompu sebagai Sentra Produksi Gula Kebanggaan Nusa Tenggara Barat”.

Dalam kata sambutannya, Direktur PT. SMS, Sentosa Setiawan, menyampaikan bahwa latar belakang pemilihan tema sangat terkait dengan potensi perkebunan tebu melalui mekanisme kemitraan yang semakin prospektif dari hari ke hari di Kecamatan Pekat.

Foto bersama yang diikuti oleh Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT bersama jajaran pemerintah dan masyarakat sekitar(ekbisntb.com/ula)

“Semakin banyak petani di Kecamatan Pekat yang tertarik untuk berkebun tebu sekaligus menjadi mitra perusahaan, setelah melihat hasilnya yang jauh lebih menguntungkan dibanding dengan komoditas lain,” ucap Sentosa.

Menurut beliau, kemitraan adalah masa depan perusahaan. “Ke depan, kami berharap kontribusi kemitraan terhadap pasokan atau suplai bahan baku perusahaan bisa mencapai 80 persen, sehingga suplai dari perkebunan milik perusahaan hanya akan tersisa sekitar 20 persen saja. Karena itulah mengapa kemitraan adalah masa depan kita bersama di Kecamatan Pekat ini,” katanya menambahkan.

Pada masa panen yang ke sembilan ini, dari data yang diberikan oleh perusahaan, diperkirakan tahun ini luas lahan yang akan dipanen adalah sekitar +/- 4000 ha di mana 3.000 ha di antaranya adalah lahan perkebunan yang berbasiskan kemitraan dengan melibatkan petani dari beberapa desa di Kecamatan Pekat. Dengan luas tersebut, diperkirakan akan menghasilkan tebu +/- 265.000 MT dan menghasilkan gula kristal putih +/- 20.000 MT.

Perusahaan bertekad pada acara Buka Giling tahun depan akan terdapat +/- 5.000 ha lahan yang akan dipanen, dengan produksi tebu +/- 350.000 MT dan +/- 28.000 MT gula kristal putih.

“Misi perusahaan untuk tahun depan adalah lahan yang dipanen meningkat secara perlahan menjadi +/- 50.00 ha, sehingga produksi tebu dan gula kristal putih juga ikut meningkat. Kemudian secara perlahan Dompu akan menghasilkan produksi gula kristal putih dengan jumlah yang signifikan yang akan menjadikan Dompu sebagai satu-satunya Kabupaten Sentra Produksi Gula di NTB,” kata Sentosa Setiawan.

Selain itu, perusahaan juga berharap para petani tebu, kelompok tani, dan koperasi petani tebu, semakin mandiri dalam mengelola Perkebunan tebu, semakin aktif dalam menggalang kebersamaan dalam rangka menguatkan kelembagaan kelompok tani tebu, dan semakin banyak stakeholder komoditas tebu dan gula yang terlibat dalam menyukseskan Kabupaten Dompu menjadi sentra produksi gula di NTB.

Dan yang tidak kalah penting, kata Sentosa Setiawan, perusahaan berharap bahwa pemerintahan daerah Kabupaten Dompu semakin nyata dalam memberikan dukungan, baik kepada dunia usaha (perusahaan) maupun kepada petani mitra. Pemda diharapkan bisa semakin suportif dan atentif di mana semua sektor yang telah nyata-nyata memberikan kontribusi kepada perekonomian daerah dan kepada kesejahteraan masyarakat daerah mendapat dukungan secara penuh.

“Kami sangat yakin bahwa di bawah petunjuk dan bimbingan kepala daerah dan pemerintah daerah, tebu bisa menjadi salah satu komoditas andalan dan unggulan daerah Kabupaten Dompu yang bisa eksis secara berdampingan dengan sektor dan komoditas andalan lainnya secara jangka panjang,” ucap Yohan Setiawan, CEO Samora Group yang juga menghadiri acara Buka Giling di Dompu pada tanggal 20 Juni 2024.

Karena itu, Yohan sangat berharap ke depannya koordinasi dan kerjasama yang intens dan konstruktif antara dunia usaha, terutama pihak perusahaan, dengan kepala daerah Dompu dan jajaran pemerintahan Kabupaten Dompu melalui kelembagaan Pemda yang terkait bisa dibangun secara sehat dan baik. Hal tersebut sangat diperlukan, bukan saja untuk perusahaan dan petani, tapi juga untuk kepemimpinan daerah dan pemerintahan daerah yang juga dipastikan memiliki tekad yang sama dengan pihak perusahaan, yakni bertekad untuk meningkatkan kinerja ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di daerah Dompu.

Pada Acara Buka Giling PT. SMS yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Dompu, Kepala Dinas PUPR Dompu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu, dan Camat Kecamatan Pekat, Sentosa Setiawan mengatakan, pihak perusahaan sangat berterima kasih kepada pihak Pemerintahan Daerah Kabupaten Dompu yang telah menghadiri acara Buka Giling PT. SMS kali ini.
Perusahaan berharap, komunikasi dan kerjasama dengan pihak Pemda Dompu bisa semakin dibangun dalam suasana keakraban dan bisa semakin ditingkatkan ke depannya.

Sebagai informasi tambahan, acara Buka Giling PT. SMS ke sembilan ini, juga dihadiri oleh banyak pihak yang terkait dengan komoditas tebu dan gula di Kecamatan Pekat. Selain dihadiri pemilik dan top management PT. SMS serta para petani tebu berbasis kemitraan se-Kecamatan Pekat, acara Buka Giling juga dihadiri oleh Wakil Dandim Dompu sebagai perwakilan dari Dandim Dompu, Kapolsek, Danramil, beberapa Kepala Desa, para Kepala Dusun, Ketua RW dan RT, karyawan perusahaan, para kontraktor yang telah bekerja sama dengan perusahaan selama ini, perwakilan konsumen, pihak perbankan, dan stakeholder lainnya. (ula/*)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini