spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBlogRico Rinaldy, Tinggalkan Kesan Mendalam Selama Bertugas di OJK NTB

Rico Rinaldy, Tinggalkan Kesan Mendalam Selama Bertugas di OJK NTB

Mataram (ekbisntb.com) – Kepala Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melantik sejumlah Kepala OJK daerah dan setingkat kepala departemen, direktur dan deputi direktur pada Senin 3 Juni 2024.

Salah satu diantaranya adalah Rico Rinaldy, yang telah bertugas sebagai Kepala OJK Provinsi Nusa Tenggara Barat sejak Juni 2021 lalu. Genap 3 tahun, Rico berkhidmat untuk pembangunan di Provinsi Bumi Gora ini. Jabatan barunya kini sebagai Deputi Direktur Analisis Informasi Perasuransian Penjaminan Dana Pensiun di Kantor Pusat OJK.

Menurutnya, kesan sangat mendalam sudah diberikan amanat oleh Dewan Komisioner untuk bertugas di provinsi ini. Menurutnya, provinsi yang terdiri dari dua pulau ini memiliki kekhasan yang menjadikannya sebagai daerah yang sangat berkesan.

Terdiri dari dua pulau, Lombok dan Sumbawa, dengan didiami tiga subu besar, Sasak, Samawa, dan Mbojo menjadi provinsi ini sangat heterogen dari kultur, dan budaya. Demikian juga secara geografis, terdapat daerah-daerah yang masih harus dijangkau cukup dalam.

“Misalnya, dalam konteks tugas dan fungsi kami di OJK, kita mendatangi saudara-saudara kita yang lokasi tinggalnya agak dalam. Tetapi kita harus berupaya mendorong terus Tingkat literasi dan inklusi keuangannya,” katanya.

Daerah yang dikenal dengan tingkat religiosities tinggi ini memiliki karakter sendiri sebagai salah satu strategi pendukung untuk menekan praktik-praktik rentenir dan investasi bodong melalui pendekatan rumah ibadah, Pendidikan pondok pesantren, tokoh agama, demikian juga tokoh pemerintahannya.

“Saya sangat senang dan bersyukur sudah bertugas di Provinsi NTB selama tiga tahun,” katanya.

Rico kini digantikan posisinya oleh Rudi Sulistyo, yang sebelumnya mengisi jabatan pada posisi jabatan baru yang kini diemban Rico Rinaldi.

Rico menambahkan, Provinsi NTB ini juga memiliki destinasi-destinasi pariwisata unggulan. Salah satunya yang sangat mengesankan baginya adalah Pulau Moyo dengan mata air jitu. Yang dulunya sempat menjadi tempat pemandian bagi Lady Diana, menantu Ratu Inggris yang sempat mencari diam mencari ketenangan di salah satu gugusan pulau di Kabupaten Sumbawa ini.

“Itu air terjunnya sangat bagus. Terasering. Kayak dibuat-buat tapi aslinya memang seperti itu. Bagus banget itu,” katanya.

Selain itu, Rico juga sangat terkesan dengan kuliner legend Lombok, yaitu Sate Rembiga dan Ayam Taliwang yang menurutnya sangat enak.

Pada bagian lain, ditambah lagi soal kesannya dalam sinergi yang kuat dengan pemerintah daerah di NTB dan unsur-unsur terkait dalam kegiatan memerangi investasi bodong, rentenir, dan meningkatkan literasi serta inklusi keuangan masyarakat.

“Dan Alhamdulillah, bank kita, Bank NTB Syariah juga sudah melakukan kerjasama dengan Bank Jatim. Ini harus terus dikawal sehingga kerjasama dua bank daerah ini secara terknis berjalan,” demikian Rico.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan



Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini