spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisBinaan Bank Indonesia NTB Unggul di Ajang FESYAR 2024 Kawasan Indonesia Timur

Binaan Bank Indonesia NTB Unggul di Ajang FESYAR 2024 Kawasan Indonesia Timur

Mataram (ekbisntb.com)-Sebagai salah satu strategi untuk membumikan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Bank Indonesia secara konsisten dan berkala menyelenggarakan Festival Ekonomi Syariah ataupun yang familiar disebut dengan FESYAR. Secara nasional, FESYAR dilaksanakan di tiga regional yaitu Sumatera, Jawa dan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Khusus untuk KTI, FESYAR pada tahun ini diselenggarakan di Kendari Sulawesi Tenggara, tanggal 7 – 10 Juli 2024. FESYAR sendiri merupakan rangkaian kegiatan terdiri dari Sharia Competition, Sharia Fair serta Sharia Forum & Workshop.

Pada perhelatan FESYAR KTI tahun 2024 ini, KPwBI Provinsi NTB berpartisipasi pada berbagai kegiatan sharia competition. Kompetisi yang diselenggarakan yaitu Lomba Pondok Pesantren Unggulan, Lomba Lembaga ZISWAF Unggulan, Lomba Modest Fashion Designer Road to IN2MF, Lomba Halal Chef Road to INH2CC dan Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional (KESN).

- Iklan -

Pondok Pesantren Darul Yatama wal Masakin Lombok Timur berhasil meraih juara I untuk Lomba Pondok Pesantren Unggulan. Dalam pemaparannya, Ustaz Putrawan Habibi yang merupakan wakil ketua yayasan berhasil meyakinkan dewan juri bagaimana pondok pesantren berhasil menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat melalui program kemandirian ekonomi pesantren.
Selanjutnya Sophia Zalfarona, siswa SMK 4 Mataram, yang merupakan delegasi Provinsi NTB untuk Lomba Modest Fashion Designer Road to IN2MF juga berhasil mendapatkan juara 1 untuk Kategori Pelajar. Dalam presentasinya, Sophia berhasil menuangkan keindahan Pantai Pink Lombok Timur dalam desain modest fashion yang dibuat dalam look office, casual dan party.

Untuk Kompetisi Ekonomi Syariah Nasional (KESN), delegasi Provinsi NTB yang diwakili oleh Muhammad Faidi Tamim, Syarah Fadila Assiddiqia dan Syahnaz Hidayatullah dari MAN 1 Lombok Timur berhasil menjadi finalis pada kompetisi ini.

Didampingi oleh M. Zakaria, S.Pd selaku guru pendamping, siswa-siswa MAN 1 Lombok Timur tampil bersamaan dengan dengan 4 finalis lainnya yaitu SMAS Islam Athirah Kabupaten Bone, SMAN 2 Samarinda, MAN 2 Samarinda dan SMAN 1 Tabanan Bali.

Di samping itu, KPwBI Provinsi NTB juga mengikutsertakan Erina Gallery sebagai peserta Lomba Modest Fashion Designer Road to IN2MF, Nurfakhroyani dan Sdr. Zurriatul Mufidda dari Pondok Pesantren Raudhatul Azhar Masbagik sebagai peserta Lomba Halal Chef Road to INH2CC.

Pada event FESYAR KTI Tahun 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB juga mengirim perwakilan UMKM Binaan untuk mengikuti Sharia Fair yang diadakan di The Park Mall Kendari. Beberapa produk UMKM yang dipromosikan pada kegaitan showcasing dimaksud terdiri dari produk modest fashion dan wastra (Nalani Fashion, Mawar Tenun, Uniq’s Rajut & Fashion, Erina Gallery), produk kerajinan mutiara (Pearlium Mutiara, Erina Gallery), dan produk halal food (Zuna Food, Nutsafir, Yant Sorghum, Ayam Taliwang Becabero, Ayam Taliwang dan Sate Rembige Goyang Lidah, Kopi Punik Sumbawa).

Selama penyelenggaraan Sharia Fair, booth NTB berhasil menarik perhatian para pengunjung. Keindahan wastra dan tenun, kilauan mutiara serta cita rasa khas dari produk halal food NTB berhasil menjadi faktor pendukung tercapainya penjualan produk UMKM yang melebihi target. Tidak terbatas pada transaksi on site, beberapa pengunjung bahkan melakukan repeating order khususnya untuk produk Nalani Tenun.

Selain itu, dalam rangka penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui aspek sumber daya manusia, BI NTB mengirimkan beberapa perwakilan untuk mengikuti Sharia Workshop selama pelaksanaan FESYAR KTI Tahun 2024. Untuk kegiatan Sertifikasi Juru Sembelih Halal, BI NTB mengirimkan Ananda Gunawan yang merupakan Juru Sembelih dari Rumah Potong Hewan (RPH) Gubug Mamben Kota Mataram.

Menghadirkan narasumber dari Institut Halal Indonesia dan LPH Halal MUI, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kopetensi para juru sembelih secara komprehensif. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk akselerasi pengembangan halal value chain di sisi hulu.

Selanjutnya, BI NTB juga mengikutsertakan Drs. Lalu Muh. Anwardin, Nazhir Wakaf Masjid Jami’ Praya Lombok Tengah untuk mengikuti Workshop Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Nazhir Wakaf. Melalui kegiatan ini, Bank Indonesia berharap pengelolaan wakaf dapat dilakukan secara profesional guna memberikan manfaat yang lebih luas melalui penguatan Islamic social finance.

Bank Indonesia Provinsi NTB juga mengikutsertakan Habib Hasan Alaydrus Pimpinan Pondok Pesantren Ribath Al Falah Kota Mataram dan Dr. Baiq El Badriati, M.EI Wakil Dekan FEB UIN Mataram dalam kegiatan Training of Trainer Da’i dan Da’iyah Ekonomi Syariah. Kegiatan ini, kata Deputy Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Winda Putri Listya, bertujuan untuk memperkuat dan memperluas dakwah serta syiar ekonomi dan keuangan syariah khususnya di Kawasan Timur Indonesia.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut