spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaCBP Rupiah di NTB Diperluas ke Sekolah Madrasah

CBP Rupiah di NTB Diperluas ke Sekolah Madrasah

Mataram (Ekbis NTB) – Bank Indonesia secara aktif mengedukasi masyarakat melalui program Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah sebagai bentuk pengembangan edukasi tentang uang Rupiah yang mencakup tiga pesan utama yaitu , mengenali dan menyayangi fisik uang Rupiah, pemaknaan Rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa dan prilaku bijak menggunakan Rupiah dalam bertransaksi.

Dengan pesan tersebut, masyarakat diharapkan memiliki pengetahuan dan menyadari perannya untuk turut serta menjaga Rupiah dalam pemaknaan yang lebih luas.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang bahwa Bank Indonesia berkewajiban memberikan informasi dan pengetahuan mengenai tanda keaslian uang Rupiah kepada masyarakat.

Kolaborasi edukasi CBP Rupiah antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah dijalin sejak tahun 2023, menyasar pada sekolah – sekolah.

Upaya tersebut membuahkan hasil positif, yang ditunjukkan dengan hasil pengukuran tingkat pemahaman CBP Rupiah pada tahun 2023 berada pada skala cukup baik.

“Selain itu, temuan uang palsu pun menurun signifikan meski peredaran uang tunai tetap tumbuh hingga 8 persen secara tahunan,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Berry A Harahap.

Pada tahun 2024 ini, pesan CBP Rupiah diakselerasi kepada seluruh sekolah dan madrasah se-Provinsi NTB.

Inisiatif tersebut diawali dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama Integrasi Materi Edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah ke dalam bahan ajar sekolah dan madrasah di lingkup tugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi NTB.

Komitmen bersama ini dirangkai dengan Anugerah Istimewa Sekolah memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan di SMAN 1 Sembalun Lombok Timur, tanggal 4 Mei 2024.

Selain itu, pada rangkaian Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB juga memberikan apresiasi kepada sejumlah tokoh pendidikan dan penggiat budaya di Provinsi NTB.

Penyerahan apresiasi dilaksanakan bertepatan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2024.

Integrasi materi edukasi CBP Rupiah ke dalam bahan ajar sekolah dan madrasah merupakan inisiatif strategis menanamkan pemaknaan Rupiah sejak usia dini yang merupakan era emas (golden age) pendidikan.

Kolaborasi antara Bank Indonesia dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB akan memberikan ruang eksplorasi lebih dalam penyampaian pesan CBP Rupiah kepada generasi penerus bangsa.

Terlebih lagi diperkuat dengan integrasi ke dalam nilai-nilai moral dan agama. Niscaya, internalisasi CBP Rupiah makin melekat.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini