spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaNTBSumbawaPemkab Sumbawa Perjuangkan Program SPAM Ai Ngelar

Pemkab Sumbawa Perjuangkan Program SPAM Ai Ngelar

Sumbawa Besar(ekbisntb.com) – Pemkab Sumbawa, akan terus memperjuangkan pemenuhan sarana air bersih melalui Sistem Penyiapan Air Minum (SPAM) Ai Ngelar yang ditaksir menelan anggaran sekitar Rp34,8 miliar.

“Kami bersama pak Bupati sudah berkonsultasi ke Dirjen Sumber Daya Air dan Cipta Karya untuk mendorong program SPAM Ai Ngelar ini bisa segera terwujud,” kata Kepala Bagian Pembangunan Setda Sumbawa, H. Yudi Patria Negara, Jumat 5 Juli 2024.

Yudi menjelaskan, program ini dihajatkan untuk memenuhi ketersediaan air baku bagi masyarakat. Sehingga air baku di beberapa wilayah seperti Kecamatan Sumbawa, Moyo Hulu, Unter Iwes, Labuhan Badas dan Samota bisa terlayani.

“Saat ini rencana SPAM Ai Ngelar ini sudah kita konsultasikan ke Dirjen bersama pak Bupati sedangkan untuk data dukung sudah mencapai 100 persen,” ujarnya.

Jika program SPAM Ai Ngelar ini terwujud lanjutnya, maka akan ada sekitar 4000 sambungan rumah yang akan terlayani nantinya. Apalagi saat ini banyak sekali muncul perumahan baru terutama di wilayah Samota yang akan terlayani semua jika program ini terwujud.

“Jadi, SPAM Ai Ngelar ini kita prediksi akan menghasilkan air bersih berkapasitas 100 liter per detik. Itu artinya tidak akan ada lagi wilayah di Sumbawa yang mengalami krisis air,” terangnya.

Seraya menambahkan, untuk air baku yang ada di Ai Ngelar akan ditampung untuk menambah distribusi jaringan air dan pipa sambungan rumah di dalam kota dan daerah Samota. Tentu, jaringan ini merupakan jaringan baru dan tidak mengganggu jaringan yang ada sebelumnya.

“Kita akan membangun jaringan baru dengan memanfaatkan elevasi daripada topografi kawasan kita agar bisa mengalirkan tersebut,” sebutnya.

Dia pun meyakinkan, jaringan baru ini sangat berbeda dengan jaringan yang ada sebelumnya (Semongkat). Jaringan itu langsung dari bendungan Semongkat, sementara untuk Ai Ngelar ini berada di Kecamatan Moyo Hulu sehingga jaringannya juga berbeda.

“SPAM Ai Ngelar kita harapkan segera terwujud untuk menambah kapasitas ketersediaan air dari Rumah sakit ke wilayah timur dan dalam kota,” tukasnya. (ils)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut