spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBlogPemprov NTB Berharap Hosting Fee MotoGP Didanai Pusat

Pemprov NTB Berharap Hosting Fee MotoGP Didanai Pusat

Lombok (ekbisntb.com) – Pemerintah Provinsi NTB melalui Asisten II Setda Provinsi NTB, Dr. H. Fathul Gani, M.Si berharap seluruh biaya Hosting Fee MotoGP Mandalika 2024 didanai oleh Pemerintah Pusat.

Harapan ini muncul akibat dari tidak adanya alokasi anggaran dari daerah untuk pembiayaan Hosting Fee, juga karena banyaknya acara nasional yang dibebankan kepada daerah salah satunya adalah Pilkada serentak dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

- Iklan -

“Kementrian Pariwisata siap berkoordinasi dengan Pemprov, ya itu kita pegang. Kita berharap pusat sepenuhnya,” ujarnya, Selasa, 3 September 2024.

Sebelumnya, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya siap kolaborasi dengan Pemprov NTB dan Pemda untuk membantu ITDC dalam membayar biaya Hosting kepada pemegang hak komersial eksklusif MotoGP, Dorna Sports.

Namun, karena Pemerintah Kabupaten juga tidak sanggup untuk membiayai hosting fee senilai Rp231 miliar ini, Pemprov NTB berharap Pemerintah Pusat memahami kondisi fiskal daerah NTB yang juga lemah.

“Tapi kita berharap pusat yang membayar seluruhnya, Pemerintah Kabupaten/Kota juga sama saja kondisi kita saat ini. Jadi, pusat mengharapkan pemda, kita harapkan pusat,” lanjut Gani.

Ia mengatakan fokus anggaran Pemprov NTB dan Pemerintah Kabupaten/Kota saat ini terfokus pada penyelenggaraan Pilkada serentak, yang mana program ini menyedot cukup banyak anggaran. “Kabupaten/Kota ndak sanggup, ya kan sama saja kondisi kita saat ini, sama-sama membiayai Pilkada serentak, dan fokus kita disitu,” sambungnya.

Gani menegaskan bahwa Pemprov NTB bukannya tidak sanggup untuk membantu membiayai Hosting Fee MotoGP ini, hanya saja pihaknya perlu mengetahui bagaimana mekanisme pembayaran, pun kalau bisa ia berharap keseluruhan pembiayaan ditanggung oleh pusat.

“Bukan masalah tidak mampu, mekanismenya kan harus dipahami, kita berharap ya pusat bayar semua,” pungkasnya. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan







Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut