spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisSinggah di Gili Mas Lobar, 20 Kapal Pesiar Diperkirakan Angkut 30-40 Ribu Wisatawan...

Singgah di Gili Mas Lobar, 20 Kapal Pesiar Diperkirakan Angkut 30-40 Ribu Wisatawan Asing

Lombok (ekbisntb.com) – Sebanyak 20 kapal pesiar yang sudah singgah di Pelabuhan Gili Mas Lembar Lombok Barat, hingga semester II tahun 2024 pada bulan Agustus ini. Di awal Agustus ini, satu kapal pesiar singgah memuat sekitar 3000 lebih penumpang wisatawan. Dipekrirakan 20 kapal tersebut mengangkut sekitar 30-40 ribu penumpang tamu asing.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Lombok Barat Irman Sumantri, mengatakan sekitar 20 kapal pesiar yang sudah singgah di Gili Mas. “Hingga bulan Agustus ini ada sekitar 20 kapal pesiar yang singgah,” kata Irman Sumantri, kemarin. Termasuk yang singgah di awal bulan ini Kapal pesiar Carnival Splender yang membawa ribuan wisatawan yang singgah.

- Iklan -

Lebih lanjut dikatakan dari 20 kapal pesiar itu, kalau dirata-ratakan tiap kapal membawa 1,5 ribu – 2 ribu tamu, maka diperkirakan jumlah tamu yang diangkut mencapai 30 ribu hingga 40 ribu orang. Seperti kapal pesiar Carnival Splender yang singgah, Kamis 1 Agustus 2024 membawa lebih dari 3.000 tamu. “Kalau kita hitung rata-rata 1.500 atau 2.000 orang per kapal, itu berapa puluh ribu tamu kapal pesiar yang dibawa ke sini,”ujarnya.

Tingginya jumlah tamu kapal pesiar ini pun harus dimanfaatkan Pemkab Lobar, terutama bagi pelaku wisata, hotel maupun pelaku UMKM, sehingga pelaku UMKM menyiapkan diri. Para tamu pun didistribusikan atau dibawa ke destinasi – destinasi wisata yang ada di Lombok Barat. Seperti Sekotong, berwisata ke Hotel Sundancer. Para tamu disambut atraksi tarian Gandrung. “Tamu disambut tarian Gandrung,” ujarnya.

Selain itu para tamu di bawa sejumlah lokasi wisata, seperti Banyumulek, pada tamu menikmati wisata gerabah yang dibuat warga setempat. Kemudian ke pura Lingsar, tamu diajak melihat wisata religi, Taman Narmada. Tamu juga berkunjung ke Pasar Seni Sesela dan kawasan Senggigi. (her)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut