spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnis28 UMKM NTB Dipromosikan Melalui Mayo Kuliner

28 UMKM NTB Dipromosikan Melalui Mayo Kuliner

Lombok (ekbisntb.com) – Astra Motor NTB telah membuktikan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui program Mayo Honda. Program ini bukan hanya sekadar promosi, tetapi menjadi jembatan emas bagi UMKM untuk berkembang dan semakin dikenal masyarakat luas.

Pada tahun 2024 ini, sebanyak 28 UMKM yang masuk dalam program Mayo Kuliner diantaranya, 22 UMKM tersebar di Kabupaten Lombok Barat, yaitu, Ikan Bakar Asyfa, Ikan Bakar NN, Warung Hatemah.

- Iklan -

Warung Inaq Muhibbah. Pawon Sasak Ibu Mariyani. Warung Ragi Telu. Warung Ibu Mis Kayu Putih. Warung Ikan Bakar Humaira. Warung Inaq Muhibbah. Warung Nurhayati. Warung Srimurni. Warung Sate Bulayak Andika Akbar.

Warung Sate Bulayak Bu Dwi. Warung Sate Bulayak Ibu Ayu. Warung Sate Bulayak Ibu Rahma Ningsih. Warung Sate Bulayak Ibu Rukaiyah. Warung Sate Bulayak Ibu Rusmin. Warung Sate Bulayak Inaq Marini. Warung Sate Bulayak Inaq Renah. Warung Sate Bulayak Inaq Rusniati. Warung Sate Bulayak Pak Uki. Warung Sate Bulayak Tapriwati.

Sementara di Kota Mataram ada Warung Inaq Budi. Soto Kwali. Warung Cak Sal. Warung Babi Riki. Dan di Lombok Timur ada Lesehan Mae Cenggo dan Lesehan Purnama.

Secara umum, Mayo Honda bekerja dengan cara menggandeng UMKM lokal, terutama yang bergerak di bidang kuliner dan kerajinan tangan. Dengan kolaborasi ini, produk-produk UMKM tersebut mendapatkan eksposur yang lebih luas melalui jaringan dealer Honda di NTB.

Beberapa bentuk dukungan yang diberikan Mayo Honda kepada UMKM antara lain, Promosi Bersama : dimana produk UMKM dipromosikan bersamaan dengan produk Honda, sehingga mendapatkan perhatian dari konsumen yang lebih luas.

Branding: Mayo Honda membantu UMKM dalam meningkatkan kualitas branding dan kemasan produk sehingga lebih menarik di pasaran.

Pelatihan: UMKM diberikan pelatihan mengenai manajemen bisnis, pemasaran, dan pengembangan produk untuk meningkatkan daya saing.

Networking: Mayo Honda memfasilitasi jaringan antara UMKM dengan berbagai pihak, seperti distributor, pemasok, dan konsumen potensial.

Manfaat Mayo Honda bagi UMKM. Peningkatan penjualan didukung dengan jangkauan yang lebih luas, UMKM dapat meningkatkan penjualan produknya. Peningkatan kualitas produk melalui pelatihan dan dukungan yang diberikan, UMKM terdorong untuk terus meningkatkan kualitas produknya. Peningkatan brand awareness: Brand UMKM menjadi lebih dikenal masyarakat luas, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kemitraan Jangka Panjang: Mayo Honda membangun kemitraan jangka panjang dengan UMKM, sehingga memberikan kepastian usaha bagi para pelaku UMKM.

Dampak Positif Mayo Honda bagi masyarakat adalah peningkatan ekonomi lokal, dengan berkembangnya UMKM, perekonomian lokal semakin bergeliat dan membuka lapangan kerja baru. UMKM yang sukses akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Pelestarian Budaya: Mayo Honda turut berkontribusi dalam melestarikan budaya lokal melalui promosi produk-produk kerajinan tangan khas NTB.

Chrystian David, Marketing Manager Astra Motor NTB menegaskan, korporasi turut mendukung UMKM yang ada di Provinsi NTB khususnya yang ada di Pulau Lombok.

“Kuliner yang menjadi ciri khas lokal, yang rasanya enak dan nikmat akan kami branding dengan label Mayokuliner. bentuk kerjasamanya berupa branding dan sharing/ join promo. Kami memberikan branding berupa matprom pada meja, buku menu dan plang untuk toko/ UMKM tersebut,” katanya.

Sedangkan benefit yang didapat UMKM Mayo Kuliner mendapat promosi bahkan seluruh relasi Astra Motor NTB bisa melakukan pemesanan.

“Apalagi di Lombok ada sirkuit Mandalika, pastinya NTB kerap dikunjungi tamu dari luar pulau. dan biasanya mereka pasti tanya untuk makanan rekomen yang ada disini apa saja, nah UMKM/tenant kuliner yang sudah di cap branding Mayo Kuliner akan menjadi opsi pertama untuk menjamu tamu atau relasi Honda,” tandasnya.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut