spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaNTBLombok TengahKunjungan Wisatawan ke Desa Wisata Bonjeruk Terus Meningkat

Kunjungan Wisatawan ke Desa Wisata Bonjeruk Terus Meningkat

Lombok (ekbisntb.com) – Untuk menghadirkan kenyamanan bagi wisatawan, Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah melakukan empat kegiatan usaha yang saat ini sedang berjalan yaitu kuliner, paket wisata tour, home stay, dan UMKM.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bonjeruk, Usman mengungkapkan, untuk kuliner pihaknya memberikan kenyamanan bagi wisatawan berupa tempat parkir yang lebih memadai, gazebo, tempat ibadah, dan aula-aula untuk meeting serta taman-taman.

- Iklan -

Ia mencontohkan, di salah satu lokasi seperti “Pawon 21” pengelola wisata menyediakan ayunan dan kolam ikan koi untuk anak-anak yang turut berwisata ke Desa Bonjeruk.

Untuk paket tour wisata, pengelola menyiapkan jalur-jalur jalan kaki, atau tour tracking yang nyaman untuk dilalui wisatawan.

”Untuk tamu jangan sampai masuk becek atau tempat-tempat yang tidak nyaman. kita upayakan supaya jalur tracking nya itu nyaman untuk dilalui,” ungkapnya.

Ketiga, terdapat home stay yang saat ini sudah running lima kamar dan diupayakan fasilitasnya terus bertambah seperti adanya wifi , area parkir yang lebih memadai dan ada balkoni.

Keempat, ada usaha UMKM untuk jajan-jajan tradisional. Kedepannya akan ditambahkan counter untuk eco print, dan outlet-outlet yang mudah dijangkau. Serta kedepannya diupayakan ada galeri untuk mempermudah menjangkau seluruh produk di Desa Wisata Bonjeruk.

Ia menyebutkan di dua tahun terakhir, peningkatan pengunjung cukup signifikan yaitu pada 2023-2024 hampir 30 hingga 40 persen per tahun.

Rata-rata jumlah pengunjung yang datang dikategorikan sebagai dua kategori, yaitu wisatawan lokal yang memang datang hanya untuk melakukan short visit atau datang untuk makan kemudian pulang, sekitar 300 kunjungan per harinya.

“Itu jumlahnya rata-rata 3-4 kali kedatangan perminggu. Dengan jumlah rata-rata di angka 10 jadi ada yang group ada juga yang couple,” sebutnya.

Ia menyebutkan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah kunjungan yaitu, kerja sam tim media yang semakin gencar melakukan promosi.
Serta wisata kuliner yang mendapatkan perhatian luar biasa dari masyarakat baik Lokal NTB hingga luar daerah.

“Banyak juga yang datang langsung pesan kuliner di Bonjeruk. Beberapa pejabat terkenal seperti Rocky Gerung, Influencer seperti Ria Ricis, Arofah, dan anaknya Anis Baswedan itu merupakan influencer yang luar biasa. Kesimpulannya sih promosinya gencar dan hadirnya beberapa influencer atau publik pigur,” ungkap Usman.

Dengan bertambahnya peningkatan kunjungan wisatawan, ia mengakui bahwa jumlah sampah di beberapa tempat juga semakin meningkat.

Sehingga pihaknya menekankan TPS3R Bonjeruk untuk meningkatkan kapasitasnya. Kedua, terkait area parkir parkir umum yang masih kekurangan lahan.

Sehingga pengelola wisatawan mulai memberdayakan rumah-rumah warga menjadi tempat parkir, bahkan di warung bambu sudah mulai menyewa lahan milik warga.

“Namun tentunya kan ini tidak cepat kita lakukan untuk bisa menyewa orang itu tidak mudah, jadi kita berkendala juga dengan parkir,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisata, seluruh warga bonjeruk lebih aktif, lebih melihat potensi, dan lebih banyak yang mendukung, serta lebih banyak yang bergerak.

Kemudian pemerintah Desa dan Kabupaten Lombok Tengah untuk tidak hanya menggencar pajak saja sedangkan sentuhan anggaran masih terbilang sedikit.

Tidak hanya itu, ia berharap pihak pemerintah Provinsi NTB lebih memfokuskan kualitas desa wisata bukan hanya kuantitasnya.

Ia mengakui, peningkatan kapasitas Pokdarwis sangat didukung oleh pemerintah desa mau pun Kementerian Pariwisata. Yaitu berupa pendampingan selama lima kali dalam satu tahun secara berkelanjutan.

“Kita perlu perbanyak lagi tentunya dengan skill-skill digital marketing, desainer, dan itu tentunya kita butuh juga dari pihak lain tidak hanya dari Kementerian Pariwisata dan Dispar, juga bisa mencakup dari dinas terkait yang lainnya,” pungkasnya. (ulf)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut