spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBisnisJelang MotoGP 2024, Lion Group Siapkan Rute Baru dan Tambahan Penerbangan ke...

Jelang MotoGP 2024, Lion Group Siapkan Rute Baru dan Tambahan Penerbangan ke Lombok

Lombok (ekbisntb.com) – Menjelang MotoGP Mandalika 2024, maskapai menyiapkan tambahan penerbangan, serta tambahan rute baru menuju Lombok.

Salah satu maskapai, Lion Group sudah menyiapkan tambahan lima penerbangan rute Lombok-Bali dan sebaliknya. Penambahan lima penerbangan rute Bali-Lombok ini menggunakan maskapai Wings Air, namun saat ini, satu penerbangan dibatalkan karena adanya load factor atau muat penumpang yang tidak memadai.

“Sekarang yang settle itu ada untuk Wings lima flight, dan itu kondisinya cancel salah satu karena dari load factor tidak memadai,” ujar Plt Area Manager Batik Air Bali dan Nusa Tenggara Barat, Ni Wayan Karyawati pada Selasa, 30 Juli 2024.

Selain lima tambahan penerbangan yang sudah ada saat ini, Wayan mengatakan jika load factor atau permintaan penumpang dari Bali menuju Lombok tinggi, maka akan ditambah lagi tambahan penerbangan.

“Tambahan rute kita belum tau, kita liat dulu marketnya. Kalau sudah penuh yang lima itu kemungkinan bisa kayak sebelumnya, bisa tiga sampai empat ke Denpasar,” lanjutnya.

Selain Bali, Lion Group berencana untuk menambah maskapai penerbangan menuju Jakarta dan Surabaya. Menurutnya, dari ketiga kawasan tersebut, banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Apalagi menjelang MotoGP bulan September 2024 ini.

Ditanya kemungkinan extra flight atau tambahan penerbangan ini akan tetap dibuka setelah MotoGP, Wayan mengaku pihaknya belum tahu pasti, perlu melihat pasar dulu. Jika pengunjung atau penumpang masih tinggi, dipastikan penambahan penerbangan ini akan tetap tersedia.

“Setelah MotoGP, dari extra flight mau tetap dipertahankan. Selama load factor bagus, dari saya tidak masalah, kalau load factor enggak bagus kan saya engga berani mempertahankan,” terangnya.

Selain tambahan penerbangan, ada juga tambahan rute baru ke empat kota besar yang ada di Indonesia, yaitu Balikpapan-Lombok, Batam-Lombok, Makasar-Lombok, dan Semarang-Lombok, pun sebaliknya.

Wayan menambahkan, proses tambahan rute baru saat ini masih dalam tahap perizinan. Ketika pemerintah telah memberikan izin, dipastikan pesawat dari Lombok menuju daerah tersebut siap untuk terbang.

“Semarang, Balikpapan, rute baru kita masih proses izin. Cuma belum tau pasti kapan. Tergantung ntar yang memberi izin, karena itu kaitannya dengan pemerintahan. Izin sudah di proses, kita terbang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wayan mengatakan bahwa biasanya, setiap event MotoGP, selalu ada penambahan penerbangan. Namun untuk jumlah pasti berapa penambahan penerbangan yang dibutuhkan untuk tahun ini, belum diketahui pasti karena perhelatan motor terbesar di dunia ini sisa dua bulan lagi.

“Untuk kedepannya extra flight MotoGP kita selalu banyak tambahan flight,” tutupnya. (era)

Artikel Yang Relevan

Iklan









Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut