spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaSumbawa Usulkan Perpanjangan Harga Fleksibilitas Jagung

Sumbawa Usulkan Perpanjangan Harga Fleksibilitas Jagung

Sumbawa Besar (Ekbis NTB) – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Sumbawa, mengusulkan ke Bappanas untuk memperpanjang pemberlakuan pleksibilitas harga jagung di angka Rp5000 untuk kadar air 15 persen  yang akan berakhir di tanggal 31 Mei mendatang.

“Belum ada penetapan dari Bappanas terkait perpanjangan harga pleksibilitas untuk komoditas jagung, makanya kita usulkan karena akan berakhir pada tanggal 31,” kata Kepala DKP Sumbawa, Irin Wahyu Indarni kepada wartawan, Rabu 29 Mei 2024.

Jika tidak diperpanjang lanjut Irin, maka harga akan kembali ke Harga Acuan Pembelian (HAP) di angka Rp4.200 untuk kadar air 15 persen. Sehingga pemerintah mengambil peran dengan mengusulkan agar harga pleksibilitas bisa diperpanjang.

“Panen kita masih sampai bulan Juni, makanya kita usulkan untuk diperpanjang agar Bulog bisa menerima jagung itu di harga Rp5000,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya turut mengusulkan ke Bappanas untuk bisa membantu dalam memasarkan jagung yang sudah diserap sebelumnya. Karena tidak mungkin Bulog akan terus menyerap jagung dengan kondisi hampir semua gudang sudah dalam kondisi penuh.

“Hampir semua gudang Bulog sudah penuh, termasuk gudang di mitra juga demikian. Sehingga kita meminta agar Bappanas juga mengintervensi jagung yang ada di Gudang untuk disalurkan supaya tidak numpuk,” ucapnya.

Karena jika dibiarkan menumpuk di gudang, dikhawatirkan jagung akan rusak dan mitra yang sudah menyerap juga merugi. Sementara untuk dilakukan ekspor terhadap komoditas jagung ini, harganya sangat rendah di angka Rp2.900.

“Harga lebih mahal didalam Negeri dibandingkan dengan ekspor, sehingga pola yang harus dilakukan dengan melakukan distribusi lintas gudang,” tambahnya. (ils)

Artikel lainnya….

Ibu Negara Dijadwalkan Kunjungi NTB, Ini Agendanya

IHSG Menguat 21,89 Poin

Rupiah Melemah Rp16.143 per Dolar AS

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini