spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaButuh Belasan Miliar untuk Tangani Sampah di Sumbawa

Butuh Belasan Miliar untuk Tangani Sampah di Sumbawa

Sumbawa Besar (Ekbis NTB) – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sumbawa, membutuhkan anggaran sekitar Rp15 Miliar untuk menangani permasalahan sampah yang hingga saat ini belum optimal terutama kaitannya dengan ketersediaan armada.

“Jadi,  anggaran tersebut kita butuhkan untuk peremajaan sarana untuk penanganan sampah yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” kata Kadis LH kepada Suara NTB, melalui Kabid Pengolahan Sampah dan limbah B3, Abdul Malik, Jumat 26 April 2024.

Kebutuhan anggaran itu dianggap sangat penting dilakukan, terutama untuk pengadaan alat pengangkut sampah. Sebab yang beroperasi saat ini hanya 11 unit truk dan empat ambrol sementara sisanya dalam kondisi rusak.

“Jadi, kalau segi ketersediaan armada kita sangat kurang, kita juga sudah mengusulkan penambahan armada baru dan baru terealisasi satu unit di tahun 2023,” ucapnya.

Dia menjelaskan, untuk kebutuhan dalam kota dibutuhkan sekitar 45 unit truk. Apalagi penanganan khusus dalam kota melayani beberapa kecamatan yakni Utan, Rhee, Sumbawa, Plampang serta sampah yang berada di pasar.

“Tentu dengan armada yang kita miliki, kami sangat terbatas sehingga penanganan yang dilakukan belum maksimal,” ucapnya.

Tentu dalam memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya sudah mengusulkan anggaran ke Pemerintah, sejumlah perusahaan dan pemerintah pusat. Namun hingga saat ini belum sepenuhnya terealisasi karena anggaran yang dimiliki juga terbatas.

“Jadi, untuk pengusulan tambahan armada sudah sering kita lakukan ke Pemerintah, namun untuk realisasinya belum maksimal,” ucapnya.

Bahkan untuk tahun 2024, pihaknya hanya menerima dua unit saja, yakni satu unit truk dan satu unit ambrol. Kendati demikian, pihaknya sangat bersyukur karena bisa mengurangi beban armada yang dimiliki saat ini.

“Tahun ini kita diberikan dua unit kendaraan untuk penanganan sampah, kami juga terus berupaya untuk melobi perusahaan agar bisa menambah kebutuhan armada itu,” tambahnya.

Sebenarnya anggaran untuk peremajaan armada sampah ini sudah sering diusulkan. Karena jumlah yang dimiliki saat ini masih minim, apalagi kondisi armada pengangkut sampah sangat memprihatinkan.

“Kita sangat berharap supaya armada ini bisa diremajakan, karena kondisinya sangat tidak layak dan juga sudah sering mengalami gangguan mesin,” tandasnya. (ils)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini