spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaKarantina : 4,1 Ribu Ton Jagung Layak Dikirim ke Banten

Karantina : 4,1 Ribu Ton Jagung Layak Dikirim ke Banten

Mataram (Ekbis NTB) – Karantina NTB melalui Satpel Pelabuhan Penyeberangan Sape melakukan pemeriksaan fisik pada komoditas jagung sebanyak 4.171.770 kilogram yang akan dilalulintaskan ke Cigading, Banten dengan menggunakan alat angkut kapal motor Sinar Harapan 78 pada Kamis 23 Mei 2024.

Iskandar, Petugas Karantina Satpel Pelabuhan penyeberangan Sape menjelaskan bahwa pemeriksaan fisik dilakukan guna memastikan kesesuaian jenis dan jumlah komoditas. Selain itu, pemeriksaan fisik dilakukan untuk menjamin kesehatan jagung, yaitu bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPT/OPTK).

- Iklan -

Kepala Karantina NTB, Agus Mugiyanto, menyatakan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi jagung pipilan kering dengan kadar air 14 persen di Provinsi NTB pada tahun 2023 sebesar 1,28 juta ton. Angka tersebut menunjukkan bahwa produksi jagung di NTB mencapai 8,7% dari produksi jagung di seluruh Indonesia yang totalnya sekitar 14,77 juta ton.

Data dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi NTB menunjukkan bahwa produksi jagung pada tahun 2023 sebesar 1.281.000 ton. Sementara hingga April 2024, hasil panen telah mencapai 695.500 ton. Panen diperkirakan berlangsung hingga Juli 2024.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Muhammad Taufieq Hidayat mengatakan , kebutuhan jagung nasional sebesar 1,22 juta ton per bulan.

Saat ini panen jagung di Indonesia sekitar 4 juta ton, sehingga terdapat kelebihan stok. Agar jagung yang dihasilkan oleh petani memiliki pasar yang bagus, idealnya pasar tidak hanya dari dalam negeri saja, namun juga dari luar negeri dengan membuka keran impor.(bul)

Artikel Yang Relevan

Iklan








Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini