spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaBerandaPameran Dunia Islam, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi Undang Museum Negeri NTB

Pameran Dunia Islam, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi Undang Museum Negeri NTB

Mataram (Ekbis NTB) – Keberadaan Museum Negeri NTB di luar negeri cukup dikenal. Keberadaan koleksi benda bersejarah masa lampau di Museum Negeri NTB mendapat apresiasi dari sejumlah daerah di Indonesia, termasuk dari luar negeri.

Bahkan, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyampaikan undangan kepada Museum Negeri melalui Nota Diplomatik Kementerian Luar Negeri untuk Pameran Dunia Islam. Menurut Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam, S.H., M.H., nota diplomatik tersebut ditujukan kepada Museum Negeri NTB untuk berpartisipasi dalam edisi kedua Islamic Arts Biennale (IAB) yang akan diselenggarakan oleh Diriyah Biennale Foundation di Jeddah, Arab Saudi, Januari hingga Mei 2025 mendatang.

‘’Kementerian Luar Negeri Indonesia yang ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Pelaksana Tugas Direktur Timur Tengah, T.B.H Witjaksono Adji menyampaikan agar Museum Negeri NTB dapat berpartisipasi dalam Pameran Dunia Islam yang diselenggarakan pada musim haji tahun 2025,’’ ujarnya pada Suara NTB, Selasa 23 April 2024.

IAB 2025 tersebut, ujarnya, akan mencakup pelaksanaan Forum Almadar yang akan mempertunjukkan seni Islami, termasuk pameran berbagai koleksi, pertunjukan ide dan collective learning dunia seni Islami.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang telah mengundang pihaknya untuk berpartisipasi dalam pameran internasional di tahun 2025 mendatang.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kerajaan Arab Saudi. Kami sudah siap mengikuti pameran seni Islami di Arab Saudi,” ujarnya, setelah menerima surat undangan, Selasa 23 April 2024.

Ia mengatakan terkait dengan persiapan, pihaknya sudah melakukan tahap seleksi materi pameran dan sedang menyusun naskah kuratorial berdasarkan garis besar tema yang telah disetujui kurator. Pihaknya juga akan terus melakukan komunikasi dan diskusi dengan panitia penyelenggara terkait pelaksanaan pameran yang akan digelar di Arab Saudi nanti.

Pihaknya berharap dengan keterlibatan Museum Negeri NTB di pameran Internasional ini dapat menjadikan NTB lebih mendunia melalui sejarah dan kebudayaan. “Kami berharap dengan pameran ini dapat membawa kebudayaan NTB mendunia dan diketahui oleh masyarakat internasional,” harapnya. (ham)

Artikel Yang Relevan

Iklan





Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini