spot_img
26.5 C
Mataram
BerandaNTBLombok BaratEvent Alunan Budaya , Siswa SMAN 1 Pringgasela  Tampilkan Tenun Sasak

Event Alunan Budaya , Siswa SMAN 1 Pringgasela  Tampilkan Tenun Sasak

Event Alunan Budaya Desa Pringgasela merupakan acara budaya yang diselenggarakan setiap tahun oleh masyarakat Desa Pringgasela yang dipelopori oleh pemuda pemuda Desa Pringgasela. Event Alunan Budaya ke 8 Desa Pringgasela berhasil masuk kalender event nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dalam kegiatan Kharisma Event Nusantara 2024.

Hal ini  menjadi sejarah baru bagi pariwisata Lombok Timur (Lotim). Terlebih lagi dari sekian banyak event pariwisata yang diusulkan ke pemerintah hanya ini yang berhasil lolos  menjadi salah satu  event pariwisata tingkat nasional.

- Iklan -

Alunan Budaya Pringgasela dinyatakan lulus kurasi oleh pemerintah pusat. Dari 3.450 event yang diajukan dari seluruh Indonesia.  34 event dinyatakan lulus kurasi. Dan Lotim dengan event Alunan Budaya Desa Pringgasela masuk dalam daftar ke 34 event tersebut.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di antaranya pawai budaya, hiburan rakyat, bazar budaya, karnaval tenun, pertunjukan seni dan kolosal. Dalam event ini, SMAN 1 Pringgasela ikut ambil bagian dengan menampilkan busana hasil kerajinan tenun ikat.

Kepala SMAN 1 Pringgasela Taufik Fansuri mengatakan, sekolahnya ikut dilibatkan dalam rangkaian event tersebut. “Iya. Semua elemen lembaga pendidikan, unsur masyarakat dan lain-lain. Juga dari luar daerah,” katanya, dalam keterangan yang diterima, Minggu 21 juni 2024. (her)

Artikel Yang Relevan

Iklan







Terkait Berdasarkan Kategori

Jelajahi Lebih Lanjut